Dukung Kompetisi Barista Sumut, Grand Mercure Medan Angkasa Bagikan 50 Cup Kopi Joss

Lensamedan - Sudah tidak diragukan lagi, kopi merupakan minuman yang banyak digemari semua kalangan. Tak heran jika beragam jenis kopi dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. 

Salah satu sajian kopi yang unik dan tak kalah nikmat adalah Kopi Joss yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan keunikan rasa dan cara penyajiannya, barista Grand Mercure Medan Angkasa menyajikan Kopi Joss sebagai kopi andalan yang dapat dinikmati di Kisah Kafe Poolside.

Kopi Joss merupakan kopi hitam yang disajikan dengan arang yang telah dipanggang. Disebut kopi joss karena pada saat arang panas dimasukkan kedalam kopi, maka akan mengeluarkan suara “josss”. Saat ini Grand Mercure Medan Angkasa adalah satu-satunya hotel bintang lima yang menyajikan kopi joss.

Arang yang digunakan adalah arang sehat briket hasil dari produksi UMKM. Arang tersebut mengandung karbon aktif yang baik untuk kesehatan seperti dapat membantu mengobati sakit maag, sariawan dan masuk angin. Selain itu, arang juga dapat mengurangi kadar kafein yang terkandung didalam kopi.

Sebagai salah satu kopi andalan, Grand Mercure Medan Angkasa menghadirkan Kopi Joss dalam ajang bergengsi Barista Competition Road To North Sumatera dengan tema Produk Nusantara di Kisah Kafe Poolside pada hari Senin (18/7/2022). 

Acara ini merupakan kolaborasi antara Grand Mercure Medan Angkasa dengan Asosiasi Barista Sumut yang mengadakan dua kompetisi sekaligus, yaitu Latte Art Competition  dan Signature Traditional Coffee.

Food & Beverage Director Grand Mercure Medan Angkasa, Adinto Sassonggo,  mengungkapkan, suatu kesempatan yang luar biasa sekali, pihaknya dapat memperkenalkan Kopi Joss kepada tamu-tamu dan peserta di ajang Barista Competition. 

“Banyak yang antusias dengan proses penyajiannya yang masih sangat tradisional mulai dari perebusan kopi hingga pembakaran arang. Di sisi lain, dengan viral-nya Kopi Joss ini, diharap dapat membantu meningkatkan produksi UMKM arang briket sehat sebagai bahan utama Kopi Joss,” ujar Adinto dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Sebanyak 50 cup kopi joss dibagikan kepada peserta dan tamu-tamu Barista Competition, dan berhasil mendapatkan feedback positif dengan rasa kopi joss yang ringan, penyajiannya yang unik dan klasik serta sensasi joss saat arang dimasukkan ke dalam kopi panas.

Ketua Asosiasi Barista Sumut, Reza Hanafi, mengatakan, Barista Competition bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara barista & bartender yang ada di Sumut. 

“Kami sangat mengapresiasi Grand Mercure Medan Angkasa yang telah mendukung acara ini. Para peserta juga sangat antusias, dibuktikan dengan banyaknya peserta dari luar kota Medan,” sebut Reza.

Reza juga menambahkan bahwa Barista Competition ini diadakan untuk menyatukan semua komunitas barista/bartender dengan kompetensi-kompetensi yang luar biasa. 

“Harapannya, asosiasi ini semakin banyak dikenal dan dapat melahirkan barista/bartender dengan kreasi kopi yang unik dan mampu bersaing,” pungkasnya. (*)


(Medan) 


 

Belum ada Komentar untuk "Dukung Kompetisi Barista Sumut, Grand Mercure Medan Angkasa Bagikan 50 Cup Kopi Joss "

Posting Komentar

Semarak HUT ke-77 RI, Polda Sumut Bagikan 30.000 Bendera Merah Putih

Lensamedan - Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77, Polda Sumut  membagikan 30.000 bendera merah putih kepada masya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel