Tingal 70 Ekor Hewan Ternak yang Terindikasi PMK


Lensamedan - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Sumatera Utara diklaim terkendali dengan baik. Dari 4002 ekor yang diduga terjangkit PMK di Sumut ini. Tinggal 70 ekor hewan ternak masih dalam perawatan dan proses penyembuhan dari PMK.

Lensamedan – Gubernur Edy Rahmayadi memastikan, penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Sumatera Utara (Sumut) terkendali dengan baik. Dari 4.002 ekor hewan ternak yang diduga terjangkir PMK, saat ini tinggal 70 ekor hewan ternak yang masih dalam perawatan dan proses penyembuhan.

"70 ekor hewan ternak itu berupa sapi dan kambing dan saat ini diisolasi," kata Gubernur Edy Rahyamadi di Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Rabu (8/6/2022).

Dijelaskannya, untuk hewan ternak mati diduga terjangkit PMK sangat kecil dengan jumlah kematian hewan ternak sebanyak 10 ekor.

"Sementara untuk yang mati itu hanya 10 ekor mati, dan itu belum tentu terpapar PMK. Tidak perlu panik, karena obat-obatan sudah ada disiapkan," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, masyarakat diminta untuk tidak khawatir dengan PMK. Karena, seluruh hewan kurban akan dilakukan pengawasan secara ketat oleh Tim Terpadu Pengendalian PMK di Sumut.

"Tidak ada masalah dan terkendali, yang pertama. Kedua, nanti kesehatan dan tim semua ikut menanganinya," tambahnya.

Hewan kurban akan disembelih, lanjut Edy, memiliki persyaratan wajib dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh pihak terkait di masing-masing Kabupaten/Kota yang memiliki peternakan.

"Bintang yang dikurbankan, ada persyaratan wajib yang dikeluarkan tim surat bahwa binatang itu sehat," terangnya.

Ia juga memastikan tim terpadu juga melakukan pengawasan aktivitas pengiriman hewan ternak dilakukan perbatasan Kabupaten/Kota dan perbatasan antar Provinsi Sumut.

"Ketiga, ada tim terpadu untuk itu semua di perbatasan. Baik itu, antar kabupaten/kota dan antar provinsi. Tidak bisa binatang keluar masuk tanpa izin tim terpadu. Tidak perlu bimbang dan tak perlu khawatir," pungkasnya. (*)


(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Tingal 70 Ekor Hewan Ternak yang Terindikasi PMK "

Posting Komentar

Pasca Kenaikan Bunga Acuan BI, IHSG dan Rupiah Kembali Melemah

Lensamedan - Usai Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis poin, pasar keuangan akan kembali fokus ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel