September, Giliran Sumut Buka Pendaftaran Beli Pertalite Gunakan MyPertamina


Lensamedan - Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen untuk memastikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi tepat sasaran sesuai dengan alokasi dan regulasi yang berlaku. Ke depan penyaluran BBM subsidi akan memanfaatkan layanan digital MyPertamina. 

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman, mengatakan,  untuk tahap pertama, pendaftaran dibuka pada 1 Juli 2022 mendatang dan akan diterapkan dalam uji coba awal di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, lanjutnya, direncanakan  pendaftaran bagi konsumen Solar dan Pertalite secara nasiona.l 

“Termasuk di Sumatera Utara, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan pada awal September mendatang,” ujar Taufikurachman dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022). 

Taufik menyebutkan, penyaluran BBM subdisi ada aturannya, baik dari sisi jumlah kuota maupun sisi segmentasi penggunanya. 

“Masyarakat yang berhak menerima BBM subsidi diharapkan dapat mulai melakukan registrasi," sebutnya.

Dia menjelaskan, pengguna yang sudah melakukan pendaftaran identitas dan kendaraannya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data pengguna telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

"Apabila sudah terkonfirmasi, unduh QR code dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna," ucapnya.

Ketentuan untuk pengguna yang berhak membeli BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran BBM. Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2022 tentang Pengendalian Penyaluran Jenis Bahan Bakar Tertentu oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

Menurut Taufikurachman, pembayaran BBM Subsidi ini juga masih sama dengan transaksi seperti biasa yakni pembayaran tunai, kartu kredit/debit dan tidak terbatas dengan MyPertamina. 

“Saya berharap masyarakat agar secara bersama-sama melakukan pengawasan BBM subsidi,” pungkasnya. 

Dihubungi terpisah, Section Head Communication & Relation PT Pertamina Patra Niaga area Sumbagut, Agustiawan, menambahkan, sejauh pihaknya terus melakukan sosialisasi program ini ke seluruh SPBU yang ada di wilayah kerja. Dan pada prinsipnya semua SPBU mendukung utk pelaksanaan program ini. 

“Kita juga sudah menjelaskan tentang prosedur yang akan diberlakukan nantinya untuk pembelian BBM subsidi, dan diharapkan petugas di SPBU dapat membantu masyarakat yang mengalami kendala dalam pendaftaran,” katanya. 

Untuk ketersediaan EDC MyPertamina, Agustiawan mengatakan hampir seluruh SPBU sudah memiliki.

“Catatan kita, 90% SPBU sudah miliki EDC MyPertamina, jadi kita tinggal kejar yang 10% lagi,” pungkasnya. (*)



(Medan)


Belum ada Komentar untuk "September, Giliran Sumut Buka Pendaftaran Beli Pertalite Gunakan MyPertamina "

Posting Komentar

Pj Gubernur Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kolaborasi Bangun Sumut

Lensamedan  - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, bersama Forum Koodrinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berbuka puasa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel