Peringati Hari Lahir Pancasila, Sofyan Tan Pilih Lakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Lensamedan – Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni dimanfaatkan Anggota MPR RI Sofyan Tan untuk menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan  bagi mahasiswa. 

“Sengaja saya memilih hari ini, karena menurut saya waktunya sangat tepat untuk membicarakan Pancasila di hari kelahirannya,” ujar Sofyan di hadapan tamu dan undangan yang hadir di Universitas Quality, Rabu (1/6/2022).

Sofyan Tan yang terpilih mewakili Daerah Pemilihan Sumut 1 ini menjelaskan, nilai berbangsa dan bernegara terkandung dalam 4 pilar, yaitu Pancasila sebagai dasar atau ideologi berbangsa dan bernegara, UUD 1945 sebagai dasar konstitusi ne­gara, NKRI sebagai bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai sembo­yan negara.

Tokoh Pembauran Sumatera Utara ini menuturkan mengenai pentingnya melestarikan Pancasila agar Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) bisa tetap berdiri kokoh di tengah ber­bagai ancaman yang ada. Menu­rutnya, Pancasila menjadi filter dari segala persoalan bangsa.

Semua elemen bangsa Indonesia harus saling meng­hormati, saling men­toleransi antar sesama. Pancasila harus dijadikan pegangan dalam berbangsa dan bernegara.

“Saya ingin Pancasila tidak hanya dihafalkan namun juga dimengerti dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya generasi pene­rus bangsa ini,” katanya yang berasal dari Fraksi PDI- Perjuangan ini. 

Pada bagian lain paparannya, Sofyan Tan mengatakan, untuk menghadapi bonus demografi tahun 2030 semua pihak harus memiliki semangat perjuangan yang tinggi dan tidak boleh menyerah dengan kendala yang dihadapi.

Indonesia diramalkan berpotensi menjadi kekuatan ekonomi kelima terbesar di dunia pada 2030 dan untuk itu diperlukan penguasaan beberapa kemampuan profesional yang harus dikuasai untuk dapat memanfaatkan potensi ekonomi masa depan. (*)


(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Peringati Hari Lahir Pancasila, Sofyan Tan Pilih Lakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan "

Posting Komentar

Semarak HUT ke-77 RI, Polda Sumut Bagikan 30.000 Bendera Merah Putih

Lensamedan - Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77, Polda Sumut  membagikan 30.000 bendera merah putih kepada masya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel