Nawal Lubis Buka Pelatihan Desain Fashion Kabupaten/Kota se-Sumut

Lensamedan - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mendorong para desainer muda untuk terus melakukan inovasi, kreatif dan mampu menggali ide-ide dunia fashion. Sehingga menjadi pengusaha fashion yang memiliki daya saing dan merambah pasar internasional.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat membuka pelatihan Desain Fashion kabupaten/kota se-Sumut di Aula Kantor Dekranasda Sumut, Jalan Iskandar Muda Nomor 272 Medan, Selasa (28/6/2022). 

Dengan kreativitas dan inovasi di dunia fashion akan menghasilkan produk dengan tampilan menarik, sesuai selera pasar dan pastinya akan menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi. 

"Wastra Sumut begitu banyak. Wastra bukan sekadar kain, bukan sekadar pakaian yang dikenakan, tetapi didalamnya terdapat simbol dengan ide dan kreativitas para desainer. Diyakini bisa bersaing, tidak saja pasar lokal tetapi hingga pasar internasional," ujar Nawal Lubis.

Disampaikan juga, salah satu misi Dekransda Sumut untuk mempersiapkan pengrajin yang unggul dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budaya. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberi peluang bangkitnya sektor ekonomi bagi pelaku UKM di Sumut.

Nawal berharap pelatihan ini membawa dampak positif dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan mendesain dengan ciri khas masing-masing. Namun tetap menjaga warisan tradisi budaya Sumut.

Sementara Sekretaris Dekransda Sumut, Asnah Lely Siregar, mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari, mulai 28 Juni hingga 1 Juli 2022. Sedangkan jumlah peserta pelatihan 15 orang dari kabupaten/kota se-Sumut.

"Kita berharap ilmu yang didapat bisa ditularkan ke daerah masing-masing, berbagi kepada rekan-rekan yang belum ikut pelatihan," katanya.

Sementara instruktur asal Kota Medan, Yenti Lim, mengatakan, pelatihan ini dimulai dengan membuat pola, pemilihan kombinasi jenis warna dan motif. Tujuannya untuk menarik pecinta fashion agar tampil lebih modis.

Salah seorang peserta Julia asal Deliserdang mengucapkan terima kasih kepada Dekranasda Sumut yang telah melaksanakan pelatihan ini sehingga menambah keterampilan dan pengetahuan. "Terima kasih, jadi kami tidak hanya sekedar menjahit, tapi mengetahui pola dan kombinasi bahan yang menarik bagi pecinta fashion," sebutnya. (*)


(Medan) 



 

Belum ada Komentar untuk "Nawal Lubis Buka Pelatihan Desain Fashion Kabupaten/Kota se-Sumut"

Posting Komentar

Gelar Lomba Foto, Upaya Rumah Aspirasi Sofyan Tan Kumpulkan Foto Kegiatan Sofyan Tan dari Masyarakat

Lensamedan - Perjalanan  panjang Sofyan Tan di bidang sosial, pendidikan termasuk juga  politik membuatnya banyak bersinggungan dengan masya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel