Hingga 2022, Sudah 165 Mahasiswa Terima Beasiswa Peduli Orangutan

Lensamedan -  Sebanyak 12 mahasiswa yang diterima kuliah di empat universitas di Sumut dan Aceh menerima Beasiswa Peduli Orangutan. Penandatanganan kontrak beasiswa digelar di Fave Hotel, Sabtu (4/6/2022).

Beasiswa Peduli Orangutan adalah program yang diinisiasi oleh Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) bersama Orangutan Republik Foundation (OURF). Dimulai pada tahun 2006, program ini diadakan setiap tahunnya dan menargetkan mahasiswa dari universitas di Sumut dan Aceh yang memiliki kerjasama dengan YOSL-OIC.

Direktur YOSL-OIC, Fransisca Ariantingsih, mengatakan, beasiswa yang berbentuk dana dan konsultasi yang diberikan hingga masa pendidikan berakhir ini merupakan program yang diinisiasi oleh Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) bersama Orangutan Republik Foundation (OURF).

”Kami bisa melihat tumbuhnya antusiasme mahasiswa tentang orangutan di Sumatera dan juga restorasi hutan habitatnya, selain dari semakin bertambahnya karya tulis dan penelitian ilmiah tentang orangutan di Sumatera,” ujar Fransisca Ariantingsih, ketika ditanya dampak positif dari beasiswa Peduli Orangutan.

Ketua pembina YOSL-OIC, Panut Hadisiswoyo, menambahkan, banyak alumni penerima beasiswa bekerja di bidang konservasi di berbagai organisasi seperti YEL-SOCP, FKL, COP, berbagai Pusat Penyelamatan Satwa di Indonesia.

”Termasuk juga  di  YOSL-OIC,” tambahnya. 

Hingga 2022, program beasiswa Peduli Orangutan ini telah memberikan kesempatan kepada 165 mahasiswa dari USU, Universitas Negeri Medan (Unimed), UMA, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIK) Pante Kulu.

Adapun bantuan beasiswa yang diberikan berupa bantuan SPP dan penelitian sejumlah Rp11.500.000 untuk seluruh jurusan kampus yang berada di Sumut, untuk aceh sejumlah Rp15.500.000 dan khususnya mahasiswa kedokteran hewan berjumlah Rp17.500.000.

Keseluruhan proses penyaringan penerima beasiswa dimulai dari pendaftaran, seleksi berkas , seleksi karya tulis, dan presentase dan wawancara. (*)


(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Hingga 2022, Sudah 165 Mahasiswa Terima Beasiswa Peduli Orangutan "

Posting Komentar

Gelar Lomba Foto, Upaya Rumah Aspirasi Sofyan Tan Kumpulkan Foto Kegiatan Sofyan Tan dari Masyarakat

Lensamedan - Perjalanan  panjang Sofyan Tan di bidang sosial, pendidikan termasuk juga  politik membuatnya banyak bersinggungan dengan masya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel