Hutan dan Lahan yang Berada di Pinggiran Bukit Danau Toba Terbakar

Lensamedan - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di pinggir Danau Toba kembali terjadi. Kebakaran yang menghanguskan pinggir tebing bukit di Silalahi II, Kec. Silahisabungan, Kab. Dairi ini terjadi pada hari Jumat sekiranya pukul 10.30 WIB. 

Informasi yang diperoleh telah terjadi karhutla itu, kemudian diteruskan ke Daops Manggala Agni Sumatera I/ Sibolangit oleh kepala dusun setempat. Mendapatkan terjadinya karhutla tim langsung mempersiapkan segala kebutuhan pemadaman.

"Setelah kami mendapatkan informasi, langsung menyusun tim untuk melakukan pemadaman ke Silalahi II," ungkap Jamaluddin sebagai Katim Manggala Agni Siolangit, Sabtu (21/5/2022) malam.

Menurut Jamaluddin, proses pemadaman dilakukan bersama antara tim Manggala Agni Sibolangit, TNI dari Koramil Sumbul serta BPBD Kabupaten Dairi.

"Kebakaran yang terjadi telah menghanguskan puluhan hektar lahan dengan vegetasi Pinus dan semak belukar. Tak ayal akibat nya semakin mempercepat terjadinya rembetan api dan pengaruh tiupan angin kencang saat terjadinya kebakaran," sebut Jamaluddin.

Berdasarkan pantauan dilapangan saat ini kejadian sudah berhasil dikendalikan oleh sinergitas tim dari Manggala Agni Sibolangit, TNI dari Koramil Sumbul serta BPBD Dairi.

"Tim gabungan masih berjaga guna mengantisipasi rembetan api kembali terjadi. Termasuk melakukan pendataan untuk mengetahui persis seberapa luas lahan yang terbakar dipinggiran danau terbesar di Asia Tenggara itu," tutup Jamaluddin.

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Hutan dan Lahan yang Berada di Pinggiran Bukit Danau Toba Terbakar"

Posting Komentar

Wujudkan Kepala Sekolah Berkompeten, Dinas Pendidikan Medan Gelar Assessment Bagi Calon Kepsek

Lensamedan - Guna mewujudkan Kepala Sekolah yang berkompeten, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar Assessment bagi calo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel