Hutan dan Lahan yang Berada di Pinggiran Bukit Danau Toba Terbakar

Lensamedan - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di pinggir Danau Toba kembali terjadi. Kebakaran yang menghanguskan pinggir tebing bukit di Silalahi II, Kec. Silahisabungan, Kab. Dairi ini terjadi pada hari Jumat sekiranya pukul 10.30 WIB. 

Informasi yang diperoleh telah terjadi karhutla itu, kemudian diteruskan ke Daops Manggala Agni Sumatera I/ Sibolangit oleh kepala dusun setempat. Mendapatkan terjadinya karhutla tim langsung mempersiapkan segala kebutuhan pemadaman.

"Setelah kami mendapatkan informasi, langsung menyusun tim untuk melakukan pemadaman ke Silalahi II," ungkap Jamaluddin sebagai Katim Manggala Agni Siolangit, Sabtu (21/5/2022) malam.

Menurut Jamaluddin, proses pemadaman dilakukan bersama antara tim Manggala Agni Sibolangit, TNI dari Koramil Sumbul serta BPBD Kabupaten Dairi.

"Kebakaran yang terjadi telah menghanguskan puluhan hektar lahan dengan vegetasi Pinus dan semak belukar. Tak ayal akibat nya semakin mempercepat terjadinya rembetan api dan pengaruh tiupan angin kencang saat terjadinya kebakaran," sebut Jamaluddin.

Berdasarkan pantauan dilapangan saat ini kejadian sudah berhasil dikendalikan oleh sinergitas tim dari Manggala Agni Sibolangit, TNI dari Koramil Sumbul serta BPBD Dairi.

"Tim gabungan masih berjaga guna mengantisipasi rembetan api kembali terjadi. Termasuk melakukan pendataan untuk mengetahui persis seberapa luas lahan yang terbakar dipinggiran danau terbesar di Asia Tenggara itu," tutup Jamaluddin.

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Hutan dan Lahan yang Berada di Pinggiran Bukit Danau Toba Terbakar"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel