Belum Ditemukan Kasus Hepatitis Akut di Sumut


Lensamedan - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) membenarkan pasien yang diduga terpapar virus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia. 

Pasien yang baru berumur 8 bulan ini meninggal dunia pada Sabtu (14/5/2022) malam setelah dirawat di RSUP HAM sejak 7 Mei lalu. 

Ketua Tim Penanganan Pasien Hepatitis Akut Unknown, dr Ade Rachmat Yudiyanto, mengatakan, selama dirawat, pasien sudah mendapatkan beberapa pemeriksaan pendukung seperti yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan dan harus dilengkapi, sa;ah satunya pemeriksaann kultur darah.

“Kultur darah itu diambil tanggal 9 Mei lalu, dan hasilnya keluar tanggal 13 Mei yang menyebutkan ada ditemukannya kuman atau bakteri yang dianggap sebagai penyebabnya oleh karena keadaan pasien ini,” ujar Ade kepada wartawan, Selasa (17/5/2022). 

Dikatakannya, dengan keadaan ini, pihaknya sudah membuat laporan secara internal, baik di tim Pemprov Sumut mau pun di tim Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Dan saat ini laporan tersebut sudah sampai ke PP IDAI. 

“Dan nanti PP IDAI yang akan merilis jika kasus yang kita tangani ini mudah-mudahan jauh dari Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya,” katanya. 

Ade menyebutkan, hasil diagnose akhir menyatakan bahwa penyebab kematian pasien dikarenakan gagal nafas yang disebabkan radang pada paru-paru (pneumonia), ditambah lagi adanya gangguan pada sirkulasi jantung, ditambah lagi adanya bakteri. 

Ade juga memastikan hingga saat ini belum ada ditemukan kasus penyebaran Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya di Sumatera Utara. 

“Dari daerah belum ada laporan, dan kita harapkan kedepannya tidak ada kasus,” pungkasnya. (*)


(Medan) 




Belum ada Komentar untuk "Belum Ditemukan Kasus Hepatitis Akut di Sumut "

Posting Komentar

Sambut HUT RI Ke-77, Lima Ribu Bendera Merah Putih Dibagikan ke Masyarakat

Lensa Medan - Dalam rangka menyemarakkan HUT RI Ke-77, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Binjai,  membagikan ribuan bendera ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel