Pancasila, UUD 1945 dan Pancasila Diyakini Jadi Kunci Sukses Indonesia Tetap Bersatu


Lensamedan - Anggota MPR RI Sofyan Tan kembali menegaskan betapa pentingnya empat pilar kebangsaan, yakni  Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dan isinya bagi bangsa Indonesia. 

Hal ini diyakininya penting, agar penduduknya yang berjumlah 270 juta jiwa yang terdiri dari berbagai suku, ras, budaya dan agama di dalamnya bisa hidup merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

“Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh agar penduduk Indonesia bisa hidup merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana. Ibarat sebuah gedung, dibutuhkan pondasi yang kuat agar gedung tersebut mampu berdiri dengan kokoh. Jadi Empat Pilar adalah bagian penting dalam kehidupan berbagsa dan bernegara yang saling terkait dan menguatkan,” kata Sofyan Tan saat melakukan sosialisasi di hadapan mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah Universitas Prima (Unpri), Minggu (24/4/2022).

Sofyan Tan mengatakan, Pancasila dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mengartikan bahwa negara ini tidak membedakan penduduknya yang terdiri dari beragam suku, ras dan agamanya. 

”Artinya negara ini tidak lagi mempersoalkan mayoritas dan minoritas. Setiap orang yang mengenal Tuhan dan beragama diakui oleh negara,” ungkap Politikus kawakan PDI-Perjuangan ini.

Karenanya sebut Sofyan, dalam hal menjalankan tugas sebagai Komisi X, Anggota DPR RI yang membidangi pendidikan dirinya juga tidak pernah membeda-bedakan agama setiap siswa dalam hal menyalurkan Program Indonesia Pintar (PIP).

“Jadi saat menjalan tugas sebagai Anggota DPR RI saya juga berpedoman pada empat pilar kebangsaan. Saya tidak pernah membeda-bedakan agama siswa untuk menerima program KIP. Apalagi kami juga dibawah sumpah saat pelantikan, mesti taat pada Pancasila dan UUD 1945,”tandas Sofyan.

Untuk itu Sofyan juga berharap kepada orang tua dan mahasiswa yang mengikuti sosialisasi agar selalu taat pada ideologi negara, percaya akan Tuhan dan saling menghormati dengan sesama warga pemeluk agama lainnya.

Dalam menjalan nilai-nilai luhur Empat Pilar Kebangsaan sebagai Anggota DPR RI yang berasal dari Sumut, Sofyan juga mengakui, setiap hari dirinya selalu memikirkan dan berjuang agar setiap siswa Provinsi Sumut yang berasal dari keluarga kurang mampu agar selalu tercatat sebagai penerima program KIP.

“Kerjaan saya setiap hari hanya mencari warga kurang mampu yang tak pernah tercatat menerima program PIP karena selama ini memang cukup banyak warga kurang mampu yang tak terdata dan tercatat,” ujar Sofyan yang juga dikenal sebagai Tokoh Pendidikan Sumatera Utara ini.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Founder Unpri Prof. Dr. Nyoman Ehric Lister, Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia Tommy Leonard, Rektor Unpri Prof. Chrismis Novalinda Ginting. Dan juga para Wakil Rektor Unpri (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Pancasila, UUD 1945 dan Pancasila Diyakini Jadi Kunci Sukses Indonesia Tetap Bersatu "

Posting Komentar

Peringatan Harkitnas 2022 di Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi Sebut Momentum Bangkitkan Perekonomian

Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang d...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel