Kolaborasi dengan HCI, BPJPH Siapkan Petugas di Halal Fest


Lensamedan -  Badan  Penyelenggara Jaminan Produk Halal BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) mendukung kehadiran Halal Center Indonesia (HCI) dan berharap bisa bersinergi dalam upaya mewujudkan akselerasi sertifikasi halal 10 juta produk yang dihasilkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Dukungan atas kehadiran HCI ini disampaikan langsung Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham saat menerima kedatangan perwakilan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bersama tim HCI di kantor BPJPH, Kamis (14/4/2022).

Menurutnya, kehadiran HCI yang langsung ditunjukkan dengan gelaran Halal Fest selama hampir 1 bulan di Thamrin City diyakini bisa bersinergi dengan mereka. 

“Untuk itu kami kami akan menempatkan personil di lokasi Halal Fest, untuk melayani pelaku UKM baik yang ikut dalam kegiatan Halal Fest atau pun pelaku usaha di sekitar Thamrin City untuk mendapatkan informasi seputar pengurusan sertifikasi halal, termasuk jug ajika ingin mendaftar,” ujar Aqil Irham. 

Terkait program akselerasi sertifikasi 10 juta produk halal, Aqil Irham berharap Aprindo yang memiliki 150 anggota bisa memfasilitasi pelaku UMKM yang menjadi binaan untuk mengurus sertifikasi halal. 

“Karena yang menjadi objek pemeriksaan kehalalan kita ini ke proses produksinya,” sebutnya. 

Aqil juga menyebutkan jika program akselerasi ini merupakan momentum self declare yang pembiayaannya ditanggung secara pribadi, dengan biaya yang terjangkau.

Tetapi khusus untuk Usaha Mikro Kecil (UMK) itu gratis, karena ditanggung oleh pemerintah, swasta, BUMN, ormas, kementerian/lembaga mau pun pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota. 

“Termasuk juga kami yang tahun ini mengalokasikan 25 ribu UMK disertifikat halal secara gratis,” terangnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum Aprindo, Roy N Mandey yang hadir langsung menyatakan pihaknya mendukung program sertifikasi 10 juta produk halal di bidang makanan dan minuman terutama yang dihasilkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

 “Dan bentuk dukungan dari kami bersama Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) adalah dengan menggagas kehadiran Halal Center Indonesia (HCI),” ujar Roy N Mandey yang hadir bersama Wakil Ketua Aprindo, Fernando Repi.

Secara terpisah, Hafizah Hilyati mewakili HCI menyebutkan, kehadiran HCI yang berperan sebagai inkubator nantinya akan membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi terkait pengurusan sertifikasi halal termasuk juga membantu proses pengurusannnya. 

Selain itu, pelaku UMKM juga nantinya akan dibantu untuk memasarkan produk yang dihasilkan di ritel modern jaringan Aprindo, atau melalui e-commerce dan juga pemasaran ke luar negeri. 

“Tetapi ini baru akan bisa dinikmati jika pelaku UMKM mendaftar sebagai anggota HCI yang bisa dilakukan melalui website halalcenterindonesia.com,” katanya.  (*)


(Jakarta) 



Belum ada Komentar untuk "Kolaborasi dengan HCI, BPJPH Siapkan Petugas di Halal Fest"

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel