Kebocoran Gas Kembali Terjadi, Gubernur Edy Ramayadi Ancam Tutup PT SMGP

Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahyamadi tampak kesal dan marah dengan kerap terjadinya kebocoran gas Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang tengah dikerjakan oleh PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP). Diduga ada unsur kelalaian dalam pengerjaannya.

Dalam peristiwa ini, 21 warga Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), yang tinggal persis di sekitaran PLTP itu, mengalami keracunan dan harus dilarikan ke RSUD Panyabungan.

Edy mengatakan bila tidak bisa diatasi dengan baik oleh PT SMGP agar tidak terulang kembali dalam insiden peristiwa keracunan gas ini, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan menyampaikan rekomendasi untuk menutup proyek PLTP yang tengah dikerjakan oleh PT SMGP tersebut.

"Itu pindah lagi ditempat yang lain, kalau tak bisa mereka memenuhi itu, kita hentikan semuanya," kata Gubernur Edy kepada wartawan di rumah dinas Gubernur, Senin (25/4/ 2022).

Edy sangat menyesali peristiwa tersebut, karena kejadian sebelumnya pihak PT SMGP tidak bisa mencari solusi. Bahkan, terulang kembali sampai ada sumur dibor mengeluarkan semburan yang diduga gas beracun. 

"Itu berulang dilain tempat. Yang ini belum kita buka, belum bisa memastikan apa solusinya. Tapi, muncul lah dilain tempat, tapi sudah dihentikan," sebut Edy.

Dengan itu, Gubernur Edy memastikan dirinya akan turun langsung ke Kabupaten Madina atau lokasi kejadian gas beracun tersebut, untuk melihat kondisi warga yang keracunan dan meninjau lokasi PT.SMGP. 

"Rabu (27 April 2022), saya lihat, mau mastikan," ucap mantan Pangkostrad tersebut. 

Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak 21 warga di kawasan Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara mengalami keracunan diduga berasal dari sumur gas bocor di PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), pada Minggu (24/4).

Puluhan warga yang mengalami keracunan tersebut terpaksa dilarikan ke RSUD Panyabungan, Kabupaten Madina untuk mendapatkan pertolongan medis secara intensif.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Kebocoran Gas Kembali Terjadi, Gubernur Edy Ramayadi Ancam Tutup PT SMGP"

Posting Komentar

Kejuaraan Cabor Piala Wali Kota Medan Tahun 2022 Resmi Dibuka

Lensamedan -  Sebanyak sembilan Cabang Olahraga (Cabor) akan bertanding dalam kejuaraan yang memperebutkan Piala Wali Kota Medan tahun 2022....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel