Kargo Tech Targetkan Pertumbuhan Bisnis Hingga 3.000 Kontainer Per Bulan


Lensamedan - Kargo Technologies, marketplace logistik dengan Jaringan truk terbesar di Indonesia yang berbasis teknologi digital, pada 2022 ini akan melakukan ekspansi ke luar pulau Jawa secara agresif demi membantu menyediakan solusi proses rantai pasok yang jauh lebih transparan, efisien, dan terkoneksi lebih baik. 

Misi ini dilakukan untuk membantu para shipper maupun calon shipper dalam melancarkan kegiatan operasi daratnya.

Kargo menjawab tantangan yang dihadapi industri logistik dalam proses rantai pasok dengan solusi komprehensif yang dipadukan dengan data dan teknologi terkini. 

Bisnis dari semua ukuran sekarang dapat mengirimkan barang mereka ke lebih banyak tempat di seluruh Indonesia. Dengan ekspansi ini, shipper mempercayakan distribusi produk secara nasional melalui Kargo Tech.

Sebab sebagai negara maritim yang memiliki 16.771 pulau, termasuk 5 pulau besar, angkutan laut merupakan angkutan logistik terbesar kedua di Indonesia, selain dari angkutan darat. Apalagi sebagian besar kegiatan ekspor dan impor berasal dari angkutan laut. 

Maka upaya ekspansi ke luar Jawa ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk memenuhi kebutuhan para shipper Kargo Tech yang beragam.

“Rencana untuk memperluas ke pulau-pulau lain ini didorong oleh pengirim kami yang ada di mid-mile, yang memiliki banyak pengiriman angkutan laut. Selain itu, kami melihat adanya peluang besar dalam layanan door-to-door itu sendiri dalam memperluas layanan first mile kami dengan cepat di luar Jawa. Ekspansi ini dilakukan karena melihat kebutuhan yang telah ada, sehingga kami dapat memberikan kontribusi lebih besar bagi perkembangan transportasi logistik di tanah air,” kata Director of Enterprise Fulfillment Kargo Technologies, Puput Prihadi, dalam keteragan tertulis, Jumat (29/4/2022).

 Upaya Kargo Tech dalam melakukan ekspansi sudah terlihat dalam melayani pengiriman sebagai Third Party Logistics atau perusahaan logistik yang membantu perusahaan manufaktur maupun perusahaan logistik lainnya untuk menjalankan kegiatan supply chain management pada Kuartal I 2021. 

Proyek percontohan ini berhasil dan kemudian berkembang menjadi besar sehingga diperlukan upaya ekspansi dalam membantu para shipper.

“Mereka memiliki permintaan truk trailer dengan rute dari gudang ke pelabuhan dan sebaliknya. Seiring berjalannya waktu, tuntutan dan kompetensi yang dibutuhkan mendorong kami untuk memahami proses custom clearance, pengiriman angkutan laut, drayage, dan sebagainya. Ini membuat kami terdorong dalam menciptakan ekosistem solusi yang lebih besar sehingga kami meyakini upaya ekspansi ke luar Jawa dengan menyasar ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi perlu dilakukan,” ujar Puput.

Ekspansi yang dilakukan Kargo Tech juga memiliki manfaat lebih sehingga mampu menawarkan layanan bagi para shipper dan transporter. Untuk shipper, Kargo Tech memberikan jaminan container space yang lebih baik, jadwal kapal yang lebih pasti, dan end-to-end service dari gudang asal hingga gudang tujuan di pulau berbeda. 

Cakupan rute dari Kargo Tech juga lebih luas dan mampu mendukung rute utama yang dimiliki pengirim. Selain itu, Kargo Tech juga handal dalam melacak kiriman berdasarkan tujuan dan mampu mengawasi lewat koordinator lapangan yang sudah tersistem dengan baik.   

Manfaat yang didapatkan untuk transporter terkait ekspansi ini, antara lain adalah adanya jaminan pesanan pengiriman dalam hal volume yang berarti rendahnya kejadian pembatalan pesanan. 

Kargo Tech juga melakukan penyesuaian skema kontrak sesuai  kapasitas dan karakteristik transporter, pembayaran yang cepat setelah proses bongkar muat, dan penyediaan dasbor pemantauan yang lebih baik lewat sistem Kargo Tech yang bernama Nexus For Transporter (NFT). Dengan nilai yang ditawarkan ini, kegiatan transporter akan lebih berjalan mulus tanpa hambatan.

VP of Enterprise Business Kargo Technologies,  Weylen Yanaprasetya, menyebutkan bahwa tujuan utama ekspansi ini karena adanya kebutuhan dari para shipper dalam arus distribusi mereka ke berbagai wilayah di Indonesia. 

Karena itu, strategi yang dilakukan Kargo Tech adalah melakukan penjaminan kapasitas melalui membangun kemitraan yang kuat dengan perusahaan pelayaran dan perusahaan logistik angkutan darat. 

Strategi lainnya, Kargo Tech fokus pada kualitas operasional baik ke internal dan eksternal dalam upaya meningkatkan kualitas pengiriman. 

“Dalam rangka membangun ekosistem yang lebih luas, kami melakukan ekspansi ke luar Jawa. Untuk mendukung itu, maka kami membangun kemitraan yang lebih kuat dengan berbagai mitra perusahaan pelayaran, baik dengan mitra domestik hingga mancanegara. Semua ini kami lakukan semata-mata dalam rangka kolaborasi untuk menciptakan ekosistem logistik yang baik di Indonesia,” ujarnya.

Melalui ekspansi yang dilakukan Kargo Tech ke luar Jawa, yang meliputi Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, diprediksi akan meningkatkan pertumbuhan bisnis logistik tanah air. 

Bahkan Kargo Tech memproyeksi, pada akhir 2022 nanti, ekspansi bisnis antar pulau ini dapat mencapai 3.000 kontainer per bulan dan mampu memperpanjang mil di 5 pelabuhan utama di Indonesia, yakni Medan, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, dan Makassar dalam solusi mid-mile. (*)


(Jakarta) 


 

Belum ada Komentar untuk "Kargo Tech Targetkan Pertumbuhan Bisnis Hingga 3.000 Kontainer Per Bulan"

Posting Komentar

Ukir Sejarah, Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin Juara Umum Porsadin se Kecamatan Medan Deli

Lensamedan - Santriwan-Santriwati Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin raih predikat juara umum dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel