Kabupaten Batu Bara Terpilih TPID Terbaik 1 Sisi Batas Labuhan Semester II / 2021

Foto : Kepala daerah mengikuti kegiatan TPID sisi batas labuhan semester II/2021. (Reza)

Lensamedan -

Dalam rangka koordinasi pengendalian inflasi daerah Sisi Batas Labuhan, dilaksanakan High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (HLM TPID) Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, yang dilaksanakan di Hotel JW.Marriot Medan, Rabu (13/4/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Daerah dan Perwakilan TPID dari 8 Kota dan Kabupaten di Sisi Batas Labuhan (Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan).

Dampak inflasi yang tinggi dapat menurunkan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Turunnya daya beli akan berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan, menghambat investasi dan menurunkan daya saing daerah. Oleh karena itu inflasi perlu terus dijaga pada level rendah dan stabil sesuai kisaran yang ditetapkan oleh nasional pada tahun 2022 yaitu 3%±1%.

Pada bulan Ramadhan dan jelang Idul Fitri terjadi peningkatan laju inflasi di Pematangsiantar (kota IHK) yang sebagian besar disumbang oleh kelompok bahan makanan, jasa makanan dan minuman, perlengkapan Rumah Tangga (RT), perumahan, dan Bahan Bakar Rumah Tangga (BBRT).

Secara internal dan eksternal, potensi resiko tekanan inflasi dipengaruhi oleh pelonggaran aktifitas masyarakat seiring melandanya Covid-19, peningkatan daya beli, budaya konsumtif, dan dinamika implementasi kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan stok di pasar, kondisi geopolitik, kenaikan harga pangan/komoditas dunia, kelangkaan container, dan kenaikan suku bunga Bank Sentral AS (The Fed) yang dapat melemahkan nilai tukar Rupiah.

Dalam rangka pengendalian inflasi TPID diarahkan untuk dapat menjalankan Roadmap TPID 2022-2024 dengan menggunakan strategi 4K. Koordinasi yang dilakukan menitik beratkan pada langkah-langkah yang bersifat antisipatif dan mengacu pada pedoman 4K yakni, Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Pada kegiatan tersebut, terpilih 3 TPID Terbaik Sisi Batas Labuhan Periode Semester II/2021, yaitu, TPID Terbaik 1, Kabupaten Batubara, TPID Terbaik 2, Kabupaten Simalungun dan TPID Terbaik 3, Kota Tanjungbalai.           

Prestasi ini merupakan buah keberhasilan yang telah dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Batu Bara atas pembinaan secara terus menerus oleh Bupati Zahir.

Prestasi demi prestasi telah dibuat oleh Bupati Zahir demi mewujudkan komitmen Bupati Zahir dalam memberikan kerja nyata dan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Batu Bara.

Reporter : Reza

Belum ada Komentar untuk " Kabupaten Batu Bara Terpilih TPID Terbaik 1 Sisi Batas Labuhan Semester II / 2021"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel