Bertemu Konjen Tiongkok yang Baru, Edy Rahmayadi Bahas Kerja Sama Bidang Olahraga


Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menginginkan adanya kerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok di bidang olahraga. Apalagi, saat ini Sumut dalam persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan Mr Zhang Min di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (18/4/2022).

Menurut Edy Rahmayadi, prestasi olahraga Tiongkok sangat maju terutama pembinaan atletnya, sehingga sangat baik jika dilakukan kerja sama. 

"Tiongkok itu talenta atletnya antara lain di olahraga renang, badminton dan tenis meja, jadi  kita butuh coach (pelatih) untuk meningkatkan prestasi olahraga, apalagi Sumut saat ini sedang melakukan talent scouting (pencarian bakat)," ujarnya.

Selain kerja sama di bidang olahraga, Edy Rahmayadi juga menawarkan kerja sama di bidang parawisata dan ekonomi. Danau Toba sebagai tujuan destinasi pariwisata dunia, menurutnya, cocok bagi Tiongkok untuk berinvestasi maupun sebagai destinasi tujuan wisata bagi warganya.

Sementara itu, Konjen Tiongkok Mr Zhang Min mengatakan, peluang kerja sama ini pastinya akan ditindaklanjuti, bahkan tidak hanya kerja sama di bidang ekonomi, parawisata dan olahraga saja, tetapi juga berbagai bidang lainnya. "Sumut kaya akan potensi alam dan budaya untuk mendorong pengusaha Tiongkok berinvestasi, saya akan berkeliling di Sumut," katanya

Menurut  Zhang Min, saat ini ada sekitar  40 sampai 59 perusahaan Tiongkok berinvestasi  di Sumut dan berharap hubungan ini bisa semakin baik dan saling menguntungkan bagi Indonesia dan Tiongkok. 

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Mhd Fitriyus dan Kepala Biro Perekonomian  Sumut Naslindo Sirait. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Bertemu Konjen Tiongkok yang Baru, Edy Rahmayadi Bahas Kerja Sama Bidang Olahraga "

Posting Komentar

Buntut Perang Iran–Israel, IHSG dan Rupiah Anjlok di Awal Perdagangan

Lensamedan - Seiring dengan aksi balasan Iran ke Israel, sejumlah bursa di Asia pada perdagangan pagi ini ditransaksikan di zona merah.  Pel...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel