Atasi Konflik Harimau Sumatera dengan Warga Batang Serangan, BBKSDA Pasang Kandang Jebak

Lensamedan - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) memasang kandang perangkap untuk menghentikan gangguan harimau sumatera  (Panthera tigris sumatrae) khususnya di Desa Sei Serdang, Kecamatan Batang Serangan – Langkat.

Pemasangan kandang perangkap ini untuk menindaklanjuti  surat tang dikirimkan Kepala Desa Sei Serdang tertanggal 13 April 2022 perihal Permohonan Penyelesaian Konflik Manusia dan Satli Harimau, yang ditujukan kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Permohonan yang sama juga disampaikan oleh Camat Batang Serangan kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, melalui suratnya Nomor : 031-169/BS/2022, tertanggal 14 April 2022, perihal Harimau Sumatera Mangsa Ternak Masyarakat  di Desa Sei Serdang.

Pelaksana tugas Kepala BBKSDA Sumut, irzal Azhar mengatakan, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, telah melakukan berbagai upaya penanganan, termasuk pemasangan kandang jebak yang dilakukan pada tanggal 19-21 April 2022, di areal perkebunan kelapa sawit PT. Prima, Kecamatan Batang Serangan. 

Di areal tersebut, harimau kerap muncul dan bahkan memangsa ternak peliharaan warga. Tidak hanya memasang kandang jebak, petugas juga rutin melakukan patroli dan memberikan sosialisasi kepada warga agar tetap waspada serta menghindari tindakan/perbuatan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun keselamatan satwa liar, termasuk Harimau Sumatera. 

“Semua upaya ini kami lakukan sebagai bentuk pendampingan agar warga merasa tenang dan aman,” sebut Irzal dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/3/2022).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbet Aritonang mengatakan, sejak dipasang, hingga saat ini belum ada tanda-tanda harimau sumatera mendekat ke kandang.

Kandang jebak masih  terpasang di 1 lokasi, dan rencananya akan ditambahkan untuk memantau keberadaan harimau sumatera. 

Kandang jebak yang terpasang dengan umpan kambing hidup ini direncanakan akan terpasang selama 2 minggu ke depan. 

“Setelah itu akan kami evaluasi untuk  tindak selanjutnya, apakah menambah kandang jebak atau memindahkan kandang jebak ke lokasi yg terpantau ada temuan jejak baru dari harimau tersebut,” pungkasnya. (*)


(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Atasi Konflik Harimau Sumatera dengan Warga Batang Serangan, BBKSDA Pasang Kandang Jebak"

Posting Komentar

Ukir Sejarah, Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin Juara Umum Porsadin se Kecamatan Medan Deli

Lensamedan - Santriwan-Santriwati Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin raih predikat juara umum dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel