Gubernur Edy Rahmayadi Panen Padi Bersama Petani Desa Lau Kasumpat

Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama anggota Forkopimda melakukan panen raya padi bersama petani Desa Lau Kasumpat, di persawahan Jalan Besar Medan-Kota Cane, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, Rabu (16/2/2022). Panen pada areal persawahan seluas 280 hektare tersebut menggunakan tiga jenis varietas padi unggul yakni Mekongga, Inpari 32 dan Ciherang. 

Turut hadir bersama Gubernur di lokasi panen Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ  Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sumut Wiswantanu, dan Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang. Mereka secara simbolis melakukan panen padi dengan menaiki combine harvester (alat pemanen padi).

"Kabupaten ini punya potensi besar pada sektor pertanian, terutama tanaman pangan. Karo adalah salah satu lumbung pangan Sumut, begitu luas pesawahan di sini, saya yakin rakyat di sini makmur. Ini surga kecil, tanah yang begitu subur yang belum tentu dimiliki daerah lain," katanya.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga berharap produksi padi bisa terus ditingkatkan. "Saya mendengar Kecamatan Mardinding dan Kecamatan Lau Baleng menghasilkan 8 sampai 7 ton gabah per hektare, ke depan bisa ditargetkan hingga 9 sampai 12 ton per hektarenya,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok Tani Maju Bersama,  Julfikar Karo-Karo menyampaikan permohonan kepada Gubernur untuk menambah pasokan pupuk, benih dan alat pemotong padi. Gubernur pun berjanji akan berupaya memenuhi kebutuhan tersebut sebagai dukungan peningkatan produksi petani.

Sebelumnya dalam perjalanan menuju Desa Lau Kasumpat, Gubernur beserta rombongan berkempatan meninjau lahan pertanian bawang, jagung dan cabai di Desa Lau Solu, Kecamatan Mardingding. 

Gubernur juga menyerahkan bantuan alat pertanian, di antaranya pompa eletrik dan bibit jagung hibrida NK 212 kepada Ketua Kelompok Tani Anugerah Biner Pangabean  dan Ketua Kelompok Tani Batu Rongkam Candra Panjaitan.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah IV Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo Hermawati mengatakan, jenis varietas padi unggul yang ditanam memiliki kelebihan, di antaranya usianya sangat pendek, dan dapat dipanen pada usia 96 - 115 hari. 

Disampaikan juga, Kecamatan Mardinding saat ini surplus beras, karena tidak hanya Desa Lau Kasumbat sebagai penghasil gabah, tapi ada beberapa desa lain turut andil seperti Desa Lau Solu, Desa Tanjung Panah, Desa Mardinding, Desa Lau Mulgap dan Desa Lau Pakam, sert Desa Lau Pengulu. "Kecamatan kita saat ini surplus, sehingga kita mengirim ke provinsi lain, seperti Kabupaten Aceh Tenggara tetangga terdekat, karena lokasi ini berada berbatasan," jelasnya.

Turut hadir  Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut Baharuddin Siregar, Camat Mardinding Hasbel Karo Sekali, Camat Lau Beleng Asmono Perangin-angin, para kelompok tani dan perangkat desa Kecamatan Mardinding dan Lau Beleng. (*)


(Karo) 


 

Belum ada Komentar untuk "Gubernur Edy Rahmayadi Panen Padi Bersama Petani Desa Lau Kasumpat"

Posting Komentar

Sumut Diperkirakan Inflasi di Bulan Maret

Lensamedan - Sejumlah harga kebutuhan pokok di pekan ini mengalami penurunan dibandingkan dengan pekan sebelumnya di bulan Maret. Namun seca...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel