Jelang Imlek, Permintaan Kue Bakul Masih Sepi

Lensamedan - Kue keranjang atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue bakul merupakan makanan khas yang wajib ada di momen Tahun Baru Imlek. Sebab kue yang terkenal di Kota Medan dengan sebutan kue bakul ini menjadi kue yang khas pada perayaan yang akan jatuh pada tanggal 1 Februari 2022 mendatang. 

Hanya saja menurut salah seorang produsen kue bakul, Haidin Wijaya, menjelang perayaan imlek, permintaan kue bakul tersebut menurun. Salah satu alasannya lantaran masih pendemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Selain itu juga dikarenakan masih berdekatan dengan pergantian tahun baru masehi. 

"Salah satunya karena pandemi. Tahun lalu masih lumayan dari tahun ini. Kalau tahun lalu pesanan kita, dua minggu menjelang Imlek sudah tembus hampir 1 ton. Namun tahun ini masih sekitar 200-300 kg saja. Permintaan juga sepi dan masih berdekatan dengan pergantian tahun baru," sebut Haidin di rumah produksinya di Jalan Merbau No 11/7 Medan, Kamis (20/1/2022). 

Biasanya kata Haidin, permintaan kue bakul dua minggu menjelang pergantian tahun sudah mulai ramai. Bahkan mencapai setengah dari target pembuatan. 

"Gak tahu juga kita masalahnya dimana. Tapi minat dari generasi sekarang untuk kue bakul ini mulai tidak peduli. Masa bodoh ajalah mereka," terangnya. 

Padahal untuk makna dari kue bakul ini terdapat makanan manis di Tahun Baru Imlek tentunya memiliki makna yang baik. 

"Saat ini permintaan kue kita masih di sekitaran wilayah Kota Medan saja. Kalau jual di market pakai titipan kalau kue ini gak bisa titip nanti rusak," jelasnya dan sudah 40 tahun membuat kue bakul dengan merk Kue Bakul Merbau. 

Untuk jenis kue bakul ini, disebutkan Haidin memiliki beberapa jenis ukuran dengan wadah yang dilapisi daun dan plastik. Dan, paling diminati warga Medan yakni kue bakul yang dari daun. 

"Harga yang kita tawarkan mulai dari Rp50.000 per kotak," terangnya dan mengatakan bahan dasar kue bakul yang dibuat di rumah produksinya beras ketan asli yang diolah menjadi tepung dan dicampurkan gula pasir. (*)



(Medan) 





 

Belum ada Komentar untuk "Jelang Imlek, Permintaan Kue Bakul Masih Sepi "

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel