Siaga Bencana, Pemko Medan Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Lensamedan - Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menggelar Simulasi Penanggulangan Bencana di Taman Cadika Pramuka, Medan Johor, Selasa (7/12/2021).  Hal ini untuk menambah wawasan pengetahuan keterampilan dan meningkatkan kapasitas dalam menghadapi kejadian bencana.

Simulasi Penanggulangan Bencana ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman. Turut hadir Kepala kantor Basarnas Provinsi Sumut Toto Mulyono, Kepala BPBD Sumut Abdul Haris Lubis, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan dan para instruktur simulasi penanggulangan bencana.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti peserta dengan berjumlah 100 orang yang berasal dari perwakilan Satgas TRC BPBD Kota Medan, perwakilan anggota Pramuka Kota Medan, perwakilan relawan dan komunitas penggiat penanggulangan bencana sebagai kader/relawan penanggulangan bencana.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Medan mengatakan dirinya mengapresiasi digelarnya kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini sebagai menambah ilmu pengetahuan dalam menghadapi kejadian bencana. Namun hal yang paling terpenting adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat untuk lebih tanggap bencana. Apalagi belakangan ini terjadi curah hujan cukup tinggi tidak hanya di kota Medan tetapi hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Curah hujan di Kota Medan cukup tinggi, oleh karenanya beberapa kawasan terjadi genangan air. untuk itu kita harus dapat mengedukasi masyarakat untuk tanggap bencana dan  agar tidak terjadi isu yang tidak baik di tengah masyarakat. Tentunya peserta simulasi penanggulangan bencana ini dapat berperan dalam mengedukasi masyarakat terkait hal tersebut," kata Aulia Rachman.

Terakhir Aulia Rachman meminta BPBD Kota Medan agar dapat menjalin komunikasi dengan para komunitas penanggulangan bencana untuk bersama-sama guna meningkatkan kapasitas dan kolaborasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kota Medan.

Sebelumnya Kepala BPBD Kota Medan Muhammad Husni, menjelaskan bahwa pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana ini digelar berdasarkan undang-undang RI nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana serta kepala BNPB nomor 4 tahun 2008 tentang pedoman penyusunan rencana penanggulangan bencana.

"Simulasi penanggulangan bencana yang diikuti 100 peserta ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan keterampilan dan meningkatkan kapasitas dalam menghadapi kejadian bencana. Selain itu menambah pengetahuan dan keterampilan tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) di Kota Medan," kata Husni sembari menjelaskan melalui kegiatan ini peserta simulasi juga dapat mengetahui pencarian dan pertolongan serta evakuasi terhadap korban bencana di air.

Husni menambahkan dalam simulasi ini menghadirkan instruktur dari anggota satuan Brimob Polda Sumut, Kantor SAR Medan dan Ketua Teratai Rescue. Peserta simulasi juga akan mendapatkan sertifikat. Pembukaan simulasi penanggulangan bencana ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Wakil Wali Kota Medan dan pemaparan materi oleh para instruktur. (*) 



(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Siaga Bencana, Pemko Medan Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel