Sambut Pergantian Tahun, Al Fatihah United Ajak Masyarakat 'Healing Fil Masjid'

Lensamedan -  Menyambut malam pergantian tahun 2022, Al Fatih United mengajak masyarakat untuk mengisi kegiatan malam pergantian tahun, dengan bergabung dalam kegiatan dengan tema 'Healing Fil Masjid', di Masjid Al-Musannif, Jalan Cemara, Medan. Kegiatan itu berlangsung selama 24 jam, dimulai pada Jumat (31/12/2021) sekitar pukul 08.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2022) pagi. 

Pembina Al Fatih United yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak generasi muda agar mau berkegiatan di masjid. 

"Tujuan kita, Al Fatih ini menjadi inspirasi untuk menggerakan masjid-masjid lain melakukan yang sama. Kenapa? Untuk mengajak anak-anak muda supaya mau datang ke masjid," kata Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, Kamis (30/12/2021) malam.

Apalagi selama ini, setiap malam pergantian tahun indentik dengan berbagai kegiatan tanpa makna, sehingga melalui acara yang digagas Al Fatih United, masyarakat khususnya generasi muda bisa menghabiskan malam tahun barunya di masjid.

"Momennya kebetulan malam pergantian tahun. Sehingga saya berdiskusi dengan ustaz-ustaz, bagaimana malam pergantian tahun ini kita berkegiatan di masjid. Tapi kegiatan itu tetap kegiatan agama. Tapi dengan kegiatan yang bisa diikuti anak anak remaja dan anak anak," sebutnya.

Mulai dari kegiatan ibadah bersama, menggelar berbagai acara perlombaan yang bisa diikuti para remaja dan anak-anak. Kajian agama hingga gelaran pameran UMKM.

"Itu lah kita buat konsep. Mulai dari pertandingan anak-anak, seperti lomba adzan dan lainnya. Mengumpulkan komunitas-komunitas hijrah. Kita persiapkan panggung. Kita siapkan tempat. Silakan berkegiatan. Jadi kegiatan malam itu ramai lagi," ucap Ijeck.

"Dan bagaimana supaya selalu ramai, tak perlu keluar-keluar lagi. Kita undang juga UMKM datang ke sini, supaya berjualan di sini. Makan juga nanti kita bagikan. Ada makanan yang gratis dan ada juga yang berbayar yang dijual di pameran UMKM. Bagi yang salat, salat berjamah kami bagikan kupon," tambahnya.

Ijeck berharap gelaran tersebut berjalan sukses. Sehingga dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya, atau bahkan rumah ibadah dari agama lainnya.

Pada akhirnya, seluruh umat beragama menghabiskan malam pergantian tahun di rumah ibadah masing-masing.

"Ke depan saya harapkan banyak masjid dan rumah ibadah lain, baik gereja vihara, kuil semua berbuat yang sama. Kalau semua berbuat seperti ini, artinya semua orang akan ke rumah ibadah di malam pergantian tahun, berdoa, sesuai agama masing masing. Dan malam pergantian tahun tidak melakukan kegiatan hura hura juga," jelasnya

Sementara, Ketua Panitia, Syahrizal Hasan menyebutkan kegiatan Healing Fil Masjid hanya untuk mengajak generasi muda maupun masyarakat muslim, agar menghabiskan pergantian tahun dengan beraktivitas di masjid, sehingga tidak mengisi dengan kegiatan yang bisa menimbulkan mudarat.

"Mengajak umat muslim, generasi muda untuk menghabiskan malam pergantian tahun di Masjid Al Musannif. Jadi kalau kita bosan tak tahu mau ke mana. Biasa orang kan datang ke tempat-tempat yang bisa buat lalai, tempat-tempat maksiat di malam tahun baru, kesenangan di luar nilai agama," kata Syahrizal.

"Jadi kita ingin mengajak generasi muda di malam pergantian tahun untuk berdoa. Agar tahun depan kita dapat hidup yang lebih baik. Allah jaga bumi dari bencana dan cobaan lainnya," pungkasnya.

Adapun rangakain acara pada Healing Fil Masjid itu, pada 31 Desember 2021 mulai dari pagi akan ada lomba buat anak-anak dan playgrup, bazar umat, go hijrah talkshow  dengan tema 'meneropong masa depan dengan bedah buku' yang akan dibawakan oleh ustadz Andi Baso Ariaji dan Alfi Al-Ghazali. 

Kemudian akan ada sharing manajemen, bedah lirik religi dan silaturahmi dengan pekerja seni Medan.  Dan pada malam pergantian tahun,  Sabtu (1/1/2022) akan digelar dzikir dan doa berjamaah, itikaf, sholat subuh berjamaah, qiyamullail oleh ustadz Abdul Hakim Tambussay Al Hafidzi di lanjutkan dengan kajian umum. Sementara itu, dilingkungan masjid akan banyak stand UKM dan juga makanan gratis dan berbayar. (*)



(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Sambut Pergantian Tahun, Al Fatihah United Ajak Masyarakat 'Healing Fil Masjid' "

Posting Komentar

Pasar Modal Syariah, Investasi Berbasis ‘Fikih Muamalah’

Lensamedan - Salah satu sistem ekonomi yang digunakan di dunia adalah ekonomi syariah. Walaupun berlandaskan pada hukum Islam, tidak berarti...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel