Kesejahteraan Minim, Pemko Bakal tampung Jaminan Hari Tua THL

Lensamedan - Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing mengungkapkan masih ada sebagian  masyarakat beranggapan manfaat menjadi peserta Jamsostek hanya untuk urusan kecelakaan kerja dan kematian. 

Anggapan itu dinilai keliru, sebab Jamsostek juga menyediakan program Jaminan hari tua bahkan Jaminan Pensiun.

Pemko Sibolga sedang menghitung kemungkinan Tenaga Harian Lepas (THL) akan  mendapatkan program Jaminan Hari Tua Jamsostek pada tahun 2022, sepanjang anggaran memungkinkan.

Disebutkan, kendati THL sudah dicover dalam JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian), namun itu hanyalah kebutuhan dasar.

"Sebab kesejahteraan mereka (THL)  cukup miris. Sudahlah gaji tak seberapa tapi lantaran beda afiliasi politik, bisa berimbas pada pemecatan," ujar Pantas dalam keterangan tertulis yang diriliskan Jamsostek Sibolga, Rabu (29/12/2021).

Ditegaskan Pantas,  imbas politik acap kali berujung pada  pemecatan THL, terutama saat terjadi Pilkada.

Padahal, para THL ada yang sudah mengabdi 5 tahun, 10 bahkan 15 tahun namun tidak mendapatkan apa-apa, ketika dipecat.

"Tolong dibuat simulasi bagaimana agar Non PNS (THL) mendapatkan  uang JHT  bila mengalami pemecatan,  " tegasnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Sanco Simanullang mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemko Sibolga yang mendukung secara total,  peningkatan kesejahteraan pekerja, disamping berbagai terobosan kebijakan penganggaran yang sudah dilakukan.

"Kepada Pemerintah Kota Sibolga dan DPRD kami ucapkan terima kasih. Selain menerbitkan Peraturan Daerah Jamsostek, juga  telah mencairkan  bantuan iuran kepada 5.000 tenaga kerja rentan, 2.000 THL dan 2.000 Nelayan," jelas Sanco.

Ia juga mengapresiasi rencana Pemko Sibolga untuk memberikan JHT bagi para Honorer, bahkan pendaftaran anggota KORPRI.

"Luar biasa, Kita siap genjot Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur lewat program Jamsostek, " tutup Sanco. (*)



(Sibolga) 


 

Belum ada Komentar untuk "Kesejahteraan Minim, Pemko Bakal tampung Jaminan Hari Tua THL"

Posting Komentar

Pemko Medan Ajak Pemprov Sumut dan Unsur Lainnya Berkolaborasi Atasi banjir Rob

Lensamedan - Guna mengatasi permasalahan banjir rob yang ada Medan bagian Utara, terutama Kecamatan Medan Belawan, Pemko Medan berencana aka...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel