Kelurahan Perintis Gelar Pelatihan Budidaya Jahe Merah dan Kecantikan


Lensamedan - Sebagai bagian dalam program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2021, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur menggelar Pelatihan Budidaya Jahe Merah.

Kegiatan yang berlangsung Minggu (12/12) di Kantor Kelurahan Perintis, di Jalan Tanjung Anom, menghadirkan Ir. Aritonang, salah seorang tokoh masyarakat Kelurahan Perintis yang sehari-hari menggeluti budidaya jahe merah.

Pola pembudidayaan jahe merah ( Zingeber Offisinale var Rubrum) yang dipaparkan Aritonang sangat sederhana dan mudah diterapkan, karena tidak membutuhkan lahan yang luas, hanya diolah dalam plastik tanam (polybag) dan diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Menurut Aritonang, jahe merah membutuhkan tanah yang gembur dan lembab, namun tidak boleh terlalu banyak air, Karena bisa membuat bongkahan jahe  (rimpang) yang ditanam membusuk dan mati. Salah satu pilihan bahan dasar adalah tanah kompos yang bis adidapat di penjual bunga. Tanah tersebut akan lebih baik jika dicampur sekam atau abu padi, sebelum ditempatkan di polybag sebagai media tanam.

Sementara bibit yang diperlukan adalah bibit dari jahe yang sudah cukup umur, dan bisa direndam dulu dalam cairan air bercampur anti jamur, agar bibit tidak mudah terserang jamur. Pola tanam yang baik dalam polybag berukuran 30x40 cm akan terlihat dengan munculnya tunas pada usia tanam sekitar 3 sampai 4 minggu setelah tanam.

Aritonang berharap budidaya jahe merah bisa dikembangkan oleh peserta pelatihan  warga Kelurahan Perintis, karena memiliki prospek ekonomi yang lumayan besar. Dengan nilai jual sekitar Rp 15 ribu per kilogram, dalam satu polybag di usia tanam tiga sampai 4 bulan bisa menghasilkan 5 samai 8 kilogram jahe merah. 



Sebelumnya puluhan warga Kelurahan Perintis, juga mengikuti pelatihan tata rias wajah, khususnya bagi kaum ibu dan remaja puteri. Pelatihan tata rias dengan menthor terlatih mengajak kaum perempuan memahami jenis bahan yang sesuai untuk digunakan sebagai riasan wajah, sehingga bisa mengubah penampilan yang menggunakannya. 

Meski tidak mudah namun pelatihan tata rias wajah ini juga mendapat sambutan antusias dari peserta, karena urusan kaum perempuan yang satu ini memiliki nilai penting dalam upaya memperbaiki penampilan baik untuk keseharian maupun untuk keperluan tertentu.**(red/jk/esa). 

Belum ada Komentar untuk "Kelurahan Perintis Gelar Pelatihan Budidaya Jahe Merah dan Kecantikan"

Posting Komentar

Pemko Medan Ajak Pemprov Sumut dan Unsur Lainnya Berkolaborasi Atasi banjir Rob

Lensamedan - Guna mengatasi permasalahan banjir rob yang ada Medan bagian Utara, terutama Kecamatan Medan Belawan, Pemko Medan berencana aka...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel