Imigran di Medan Ikut Vaksinasi Covid-19

 

Lensamedan -  Seribuan imigran dan pengungsi asal luar negeri yang berada di Kota Medan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis satu di Raz Hotel, Jalan Dr Mansyur, Medan, Rabu (8/12/2021). Vaksinasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Medan bekerja sama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Mutia Nimpar mengatakan, vaksinasi tersebut dilaksanakan dalam satu hari. 

"Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan satu hari ini saja," katanya.

Mutia menerangkan, imigran yang divaksin sebanyak 1.300 orang. Mereka disuntik vaksin jenis Pfizer karena lebih diakui untuk dunia internasional. Apalagi, para pengungsi ini berasal dari berbagai negara. 

"Imigran termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Ada 1.300 orang yang dilakukan vaksinasi jenis Pfizer," ujarnya.

Mutia mengatakan, dalam vaksinasi ini Dinkes Medan menurun enam tim. Pelaksanaan vaksinasi berjalan aman tanpa kendala.

"Ada enam tim yang kita turunkan. Tim ini dari Puskesmas yang ada di kawasan tempat berlangsungnya vaksinasi," katanya.

Dijelaskannya, pelaksanaan vaksinasi menerapkan sistem smart checking yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia. 

"Ini dari berbagai pengungsi yang ada di Medan di bawah naungan IOM itu yang kita vaksin, dan vaksinasi ini dilakukan dengan smart checking khusus untuk warga negara asing. Vaksinasi ini langsung berkoordinasi dengan pihak Kemenkes," terangnya.

Menyangkut imigran anak-anak yang ada di beberapa tempat penampungan di Kota Medan, Mutia menyebutkanjuga akan dilakukan vaksinasi,  tetapi masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. 

"Untuk anak-anak masih menunggu instruksi dari Kemenkes," tutupnya. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk " Imigran di Medan Ikut Vaksinasi Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel