Pemko Medan Terima CSR untuk Penanganan Sampah dari Tiga BUMN

Lensamedan - Pemko Medan menerima bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) dari tiga Perusahaan BUMN, yakni PT Perkebunan Nusantara III, PT Perkebunan Nusantara IV dan PT KAI Persero. 

Bantuan CSR ini diterima langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution dari Vice President PT KAI Divre I Sumut,  Senior Executive Vice President Operational II PTPN III dan PTPN IV di lobby Kantor Wali Kota Medan, Kamis (25/11/2021). Penerimaan bantuan CSR secara simbolis ini juga ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Wali Kota Medan dan perwakilan ketiga Perusahaan BUMN.

Bantuan CSR tersebut diantaranya dua unit mesin Incenerator StungtaX Pindad dari PTPN III dengan nilai total harga Rp2,8 miliar. Mesin Incenerator ini mampu membakar sampah menjadi 5-10 dari volume awal. Selanjutnya dari PTPN IV Pemko Medan mendapatkan bantuan 1 unit mesin pencacah sampah yang berguna mencacah sampah. Sedangkan PT KAI memberikan bantuan CSR berupa 6 unit dustbin (tong sampah) dengan kapasitas 1.100 Liter.

Atas bantuan CSR tersebut, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih karena ketiga BUMN sudah menunjang salah satu program prioritas Kota Medan yakni dibidang kebersihan guna mewujudkan Medan bebas dari sampah. Artinya bantuan yang diberikan oleh ketiga BUMN ini dapat membantu Pemko Medan dalam penanganan sampah mulai dari hulu sampai hilir.

"Saya ucapkan terima kasih, Bantuan CSR ini sangat berguna. Apalagi salah satu yang  diberikan adalah mesin pencacah, dimana Pemko Medan saat ini tengah memfokuskan dan mengembangkan olahan Sampah menjadi kompos, sehingga diperlukan mesin pencacah," Kata Bobby Nasution.

Menurut Bobby Nasution, Kota Medan pernah dijuluki sebagai kota terjorok di Indonesia karena pengelolaan TPA yang tidak sesuai dengan standard, yakni masih menggunakan sistem open dumping. Oleh sebab itu saat ini Pemko Medan akan merubah sistem persampahan dengan target dua tahun ini akan mengubah menjadi sistem sanitary landfill sesuai dengan standar Kementerian Lingkungan Hidup RI.

"Perlu dukungan semua pihak guna mewujudkan Medan bersih dan bebas sampah serta tidak lagi dijuluki kota terjorok, seperti yang dilakukan ketiga BUMN dengan memberikan bantuan CSR untuk Pemko Medan," ungkap Bobby Nasution.

Selanjutnya Bobby Nasution mengajak ketiga BUMN untuk dapat mensukseskan program Pemerintah salah satunya penerapan PPKM level 3 di akhir tahun tepatnya pada Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebab Bobby Nasution menilai ketiga BUMN ini memiliki karyawan yang cukup banyak sehingga jika bersama-sama dapat menerapkan aturan Pemerintah Pusat tersebut maka hal yang dikawatirkan yakni gelombang ketiga Covid-19 kemungkinan terjadinya sangat kecil.

Sebelumnya Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Syarifuddin Irsan Dongoran dalam laporannya mengungkapkan bahwa bantuan CSR berupa mesin Incenerator StungtaX Pindad ini mampu membakar sampah menjadi 5- 10% dari volume awal. Untuk pengoperasiannya, lanjut Syarifuddin mesin ini memerlukan dua orang operator dimana operator tersebut telah dilakukan pelatihan oleh Trainer dari PT Pindad dan mendapatkan sertifikat sebagai operator mesin Incenerator StungtaX Pindad.

"Mesin pencacah berguna untuk mencacah sampah menjadi potongan yang lebih kecil sehingga mempercepat proses composting. Nantinya mesin ini akan ditempatkan di TPA Terjun Marelan. Sedangkan 6 unit tong sampah akan ditempatkan di taman- taman kota atau area terbuka di Kota Medan," jelasnya. (*)



(Medan)  

Belum ada Komentar untuk "Pemko Medan Terima CSR untuk Penanganan Sampah dari Tiga BUMN"

Posting Komentar

Forwakum Sumut Jenguk Ketua Pewarta Polrestabes Medan

LensaMedan - Sebagai bentuk solidaritas sesama rekan jurnalis, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) menjenguk Ketua Pewart...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel