Kadisdik Ilyas : Museum Harus Menjadi Primadona Bagi Kunjungan Wisatawan

Foto : Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus. (Reza)

Lensamedan -

Kepala Dinas (Kadisdik) kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengharapkan kedepan keberadaan Museum dapat menjadi Primadona bagi kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, sebab di museum banyak hal yang dapat di petik sebagai ilmu terkhusus yang berkaitan dengan hal-hal masa lalu (sejarah).

Hal ini disampaikan Kadisdik Ilyas usai menghadiri pembukaan festival Museum Sumatera Utara (Sumut) yang di buka oleh Kepala Museum Negeri Sumut Rahmad Hadi mewakili Kadisbudpar Sumut bertempat di Gedung Serbaguna Arena PRSU Jln Gatot Subroto, Medan, Jum’at (22/10/2021).

Menurut Kadisdik Ilyas, Museum adalah lembaga yang melayani masyarakat untuk kepentingan penelitian, Pendidikan dan rekreasi. Dalam pelaksanaan tugas pelayanan terhadap masyarakat. Oleh karenanya keberadaan museum harus mendapat dukungan dari banyak pihak termasuk Pemerintah.

Masih menurutnya, hal ini dikarenakan museummerupakan sebuah gedung yang di dalamnya memamerkan benda-benda sebagai gambaran tentang sejarah, seni, ilmu pengetahuan dan lainnya yang secara umum dengan aktif menjelaskan tentang manusia dan juga alam.

Ilyas juga mengatakan, bahwa museum mempunyai fungsi diantaranya sebagai tempat pengumpulan dan pengamanan warisan alam dan budaya sebagai tempat dokumentasi dan penelitian dan penelitian ilmiah dan juga sebagai Konservasi dan Praservasi serta penyebaran dan pemerataan ilmu, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Museum Negeri Sumatera Utara Rahmad Hadi menyebutkan, Festival Museum Sumut menjadi momentum yang tepat untuk mensosialisasikan jargon “Museum di Hatiku “untuk menumbuhkan rasa senang dan bahagia generasi muda untuk datang mengunjungi museum, sebut Rahmad dalam sambutan tertulis Kadis Budpar Sumut.

Dikatakannya, festival diikuti berbagai museum yang menjadi ikon Sumut, diantaranya Museum Rahmat, Museum Chong A fe, Museum TB Silalahi mendampingi stand Museum Negeri Sumut dan museum lainnya.

“Festival museum berlangsung 2 hari Jum’at dan Sabtu, di harapkan masyarakat dapat hadir melihat dari dekat,“ ajak Rahmad.

Tampak hadir, selain Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, juga tampak turut hadir Ketua Asosiasi Museum Sumut Ibu Sri, Kadis Kebudayaan Medan OK Zulfi, Kadis Pariwisata Medan Agus Suriyono, Ketua Dewan Kesenian Sumut Baharuddin Saputra, dan sejumlah seniman, budayawan serta sejumlah akademis dan perwakilan media serta undangan dan peserta festival Museum Sumut.

Reporter : Reza

 

Belum ada Komentar untuk "Kadisdik Ilyas : Museum Harus Menjadi Primadona Bagi Kunjungan Wisatawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel