Herlina Bermartabat, Cara UPT Lansia Sediakan Informasi Terkait Lansia


Lensamedan - UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berinovasi membuat Aplikasi Herlina Bermartabat. Aplikasi ini untuk memudahkan memperoleh informasi pelayanan sosial khususnya untuk layanan pada lanjut usia (lansia) terlantar di Sumatera Utara (Sumut).

"Aplikasi Herlina Bermartabat ini adalah bagian proyek aksi perubahan dalam pelaksanaan diklat pim 3 yang tengah saya ikuti. Aplikasi artinya home care lansia Indonesia untuk sumut bermartabat yang seluruhnya iinformasi pelayanan sosial khususnya untuk lansia terlantar di Sumut," kata Kepala UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Sumut, Herly Puji Mentari Latuperisa, Rabu (20/10/2021).

Dalam aplikasi tersebut, Puji sapaan akrabnya membuat 3 program. Pertama program keluarga asuh, kedua program day care atau penitipan lansia dan ketiga program kedai lansia. Karena 3 program inilah Puji terpikir membuar aplikasi tersebut.

Menurutnya selama ini pemerintah sudah cukup maksimal memberikan pelayanan untuk lansia ini khususnya lansia terlantar di Sumut lewat terbentuknya panti-panti lansia dengan infrastruktur dan mekanisme layanan yang sesuai stardar pelayanan minimal .

Namun masih banyak inovasi yang bisa didorong untuk bisa memaksimalkan fungsi pelayanan sosial kepada layanan lansia terlantar. 

"Aplikasi in dilahirkan agar masyarakat tahu dan teredukasi. Bahwa sebenarnya panti lansia ini bukan sebagai tempat singgah atau tempat buangan bagi lansia. Tetapi ada pola pemeliharaan, ada pola pengasuhan dan ada pola pelayanan yang sudah di susun dan diramu sedemikian rupa sesuai aturan perundang-undangan untuk merawat lansia terlantar," jelasnya.

Sementara itu, adapun tujuan akhir dari aplikasi ini untuk menggeser mindset masyarakat bahwa panti lansia adalah tempat yang menyedihkan sehingga yang muncul adalah rasa iba dan kasihan. 

"Dari cara pandang kasihan memandang lansia kita ingin rubah menjadi penuh hormat. Otomatis martabat lansia semakin ditinggikan agar masyarakat Sumut bisa memuliakan orang tuanya sebagai sang pemilik kaki surga," sebutnya.

Ditambahkan Puji aplikasi yang bisa diunduh di website dan playstore  ini akan mengalami perkembangan. Pihaknya membuka kritik dan saran untuk bisa memaksimalkan aplikasi yang telah berjalan 1 bulan ini.

"Beberapa masyarakat sudah menggunakannya. Jadi kita harapkan bisa diunduh oleh masyarakat seluruh Sumut dan Indonesia kelak. Ini akan menjadi pioner lahirnya aplikasi-apliaksi pelayanna lainnya khususnya bagi penyandang kesejahteraan sosial yang dikelola dinas sosial sehingga berdiri nantinya rumah pelayanan sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial. Atau bisa juga kelak menjadi mesin pencari orang tua atau lansia yang hilang. Sebab dslam aplikasi ini disertakan foto serta ciri-ciri lansia yang kita rawat," pungkasnya. (*)


(Binjai) 


Belum ada Komentar untuk "Herlina Bermartabat, Cara UPT Lansia Sediakan Informasi Terkait Lansia "

Posting Komentar

Pj Gubernur Rayakan HUT ke-76 Provinsi Sumut Bersama PPKS

Lensamedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Provinsi Sumut bersama Pemerl...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel