Bioskop di Medan Mulai Beroperasi Kembali


Lensamedan – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di Kota Medan memungkinkan bioskop bisa beroperasi kembali. 

Jumat (24/9/2021),  seluruh bioskop di Kota Medan pun secara serentak dibuka kembali hari ini. Persiapan pembukaan mulai dari kebersihan dan protokol kesehatan telah matang dilakukan. 

Bioskop Cinema XXI yang ada di Plaza Millenium ICT Medan telah menyediakan protokol kesehatan (prokes) ketat seperti area tempat mencuci tangan dan juga ada hand sanitizer lalu alat pengukur suhu. Bahkan scan barcode aplikasi PeduliLindungi juga telah tersedia di pintu masuk bioskop.

Marketing Manager Plaza Millenium ICT Medan, Machruzar mengatakan untuk hari pertama penonton masih belum banyak. Kebanyakan pengunjung masih mencari tahu syarat apa saja yang diperbolehkan agar bisa nonton di bioskop tersebut.

"Penonton belum terlalu signifikan. Karena hari ini masih banyak yang wait and see atau mencari tahu dulu bagaimana cara untuk bisa nonton bioskop. Namun untuk animo masyarakat ini sangat tinggi. Kemungkinan besok di hari weekend. Begitupun penonton dibatasi 50% saja," katanya.

Adapun syarat pengunjung untuk bisa nonton yakni wajib melakukan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, melakukan cek suhu tubuh dan menjaga jarak. 

"Nah, paling penting pengunjung yang mau menonton wajib sudah mendapatkan vaksin pertama dan kedua. Sehingga penonton yang melakukan scan barcode kategori hijau boleh nonton sedangkan kategori kuning tidak bisa menonton karena baru sekali vaksin," jelasnya.

Ia juga menambahkan syarat lainnya adalah anak usia dibawah 12 tahun tidak boleh menonton. Tidak boleh makan dan minum di lokasi bioskop. Begitupun Machruzar bersyukur akhirnya pemerintah memberikan izin bioskop kembali beroperasional sesuai peraturan PPKM Level 3 untuk Kota Medan.

"Kita telah memberikan sosialisasi melalui facebook, instagram, whatsapp  dan lainnya, kita sampaikan bahwa bioskop sudah buka kembali. Warga medan yang rindu nonton karena sudah hampir 2 tahun tidak nonton bioskop boleh kembali nonton. Tapi dengan catatan ikuti aturan dan prokes yang berlaku. Tadi di show film pertama di pukul 12.00 WIB kita sempat masuk bahwa di dalam ada seat distancingnya. Jadi masyarakat tidak perlu takut untuk nonton karena prokes yang dilaksanakan ini sudah bagus apalagi masuk mal sudah prokes dan masuk bioskop juga prokes jadi double prokes," terangnya.

Dia juga berharap peraturan ini akan lebih dilonggarkan lagi kedepannya. Karena bioskop ini bisa menambah imun masyarakat di masa Pandemi ini. Seperti diucapkan menteri pariwisata bahwa menonton bioskop bisa menaikkan imun karena untuk kebahagian.

"Kita berharap juga kalau kasus turun terus maka anak-anak sudah bisa ikut nonton. Dan, bagi masyarakat yang masih mendapatkan vaksin pertama juga bisa nonton. Karena kita tahu mencari vaksin saat ini susah. Ada yang dapat ada yang tidak. Kalau bisa kemudahan vaksin ini bisa cepat didapat," bebernya.

Dengan dibukanya kembali bioskop ini, ditambahkannya juga bisa membantu pertumbuhan ekonomi khususnya di Medan. Karena selama pandemi pengusaha bioskop zero income. Bahkan karyawannya banyak di PHK. 

"Jadi saat ini harus bangkit kembali dan juga bisa menambah lapangan pekerjaan lagi. Pendapatan juga akan masuk ke pemerintah dan kembali ke masyarakat lagi. Sehingga perputaran ekonomi akan lebih cepat pulih. pandemi teratasi masyarakat bisa menikmati fasilitas tanpa ada batasan lagi sejauh masyarakat menyadari pentingnya prokes," tukasnya.

Sementara itu, di Bioskop Cinepolis Sun Plaza dan Manhattan XXI di Manhattan Times Square juga telah resmi dibuka kembali. Animo masyarakat sangat tinggi karena dibukanya kembali biokop ini. 

"Film yang sedang diputar pada hari pertama ini adalah film Shang Chi, The Seventh Day, Suicide Squad, Space Jam: A New Legacy. Kembali dibukanya bioskop ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat yang ingin menonton. Hanya saja, bagi pengunjung wajib mengetahui ketentuan dan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah saat ingin masuk bioskop," pungkas Marcomm Manhattan Times Square, Tri Wahyudi. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Bioskop di Medan Mulai Beroperasi Kembali "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel