Rayakan Satu Dekade, Soroti Evolusi Peran tiket.com Sebagai Pionir OTA di Indonesia
Lensamedan - Pada Agustus ini, tiket.com, pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, memperingati 10 tahun berkarya dan menggebrak industri pariwisata dengan mendigitalisasi proses pemesanan tiket perjalanan dan menginap di hotel. Tidak hanya itu saja, tiket.com juga menjadi pionir dalam pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, serta hiburan.
Di tengah situasi menantang seperti
sekarang ini, tiket.com mampu melakukan inovasi dengan berevolusi dan
beradaptasi mengikuti kebutuhan masyarakat yang mengutamakan rasa aman dan
nyaman ketika berpergian.
Co-Founder and Chief Marketing Officer
tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan, sejak dirintis hingga sekarang, tiket.com
terus berupaya menghadirkan segala kemudahan perjalanan bagi konsumen.
"Peran tiket.com pun berevolusi
menjadi platform online guna mendukung program pemerintah dalam menekan angka
laju Covid-19 dan mendorong angka vaksinasi. Langkah ini merupakan bukti nyata
pencapaian dan adaptasi tiket.com akan dunia travel yang sangat sulit saat
ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima wartawan di Medan, Jumat
(13/8/2021).
Gaery menyebutkan, tema pokok ’10
tahun selalu ada tiketnya!’ menjadi cerminan motivasi tiket.com untuk terus
melakukan berbagai peningkatan untuk melayani segala kebutuhan konsumen saat
melakukan perjalanan dan memperoleh hiburan, hingga memberikan rasa aman dan
nyaman saat perjalanan, serta kebutuhan akan tes Covid-19 dan vaksinasi.
“Dalam kapasitasnya, tiket.com
memiliki teknologi dan infrastuktur untuk memanfaatkan berbagai macam fitur
secara optimal. Ragam fitur yang diluncurkan selama ini merupakan fitur-fitur
yang paling tepat dalam menangkis segala kecemasan konsumen yang berhubungan
dengan perjalanan," sebut Gaery.
Popularitasnya di masa pandemi ini pun
terbukti dengan 3 fitur berkinerja terbaik pada Q2 2021 kemarin, yaitu fitur
tiket PayLater, fitur Hotel + tiket Flexi untuk program Long Stay Package,
kemudian tiket To Do untuk pencarian tes Covid-19 serta pendaftaran peserta
vaksinasi Covid-19 di sentra tiket.com.
Dipaparkannya beberapa peran yang
dijalankan oleh tiket.com selama masa pandemi, yakni sebagai jendela informasi
bagi warga Indonesia dengan pembaruan informasi kebijakan pemerintah secara
real time perihal syarat perjalanan lintas-kota, lintas-propinsi, hingga
lintas-negara.
Kemudian pendorong bangkitnya ekonomi
pariwisata di berbagai daerah dengan terus mengusung fitur tiket CLEAN, tiket
Flexi, asuransi perjalanan Free Protection, Longstay Hotel Package, tiket
PayLater, program VACCation Reward, dan jajaran diskon setiap bulan.
Peningkatan dan inovasi pada produk
tiket To Do, yang memudahkan konsumen untuk pencarian test Covid-19 terdekat,
serta registrasi vaksinasi di sentra vaksinasi tiket.com. Serta bekerjasama
dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mempromosikan
pariwisata nasional dengan mendukung kampanye #DiIndonesiaAja.
"Saya, mewakili tiket.com,
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan bagi
tiket.com sehingga kami dapat merayakan ulang tahun ke-10. Saya sungguh optimis
akan masa depan cerah pariwisata Indonesia yang sudah berada di ambang pintu.
Dengan tekad bersama-sama bahu-membahu semua pelaku wisata, niscaya kita mampu
mengusung kejayaan pariwisata nasional, bahkan ke tingkat yang belum pernah ada
sebelumnya,” tuturnya.
Ditambahkannya, tiket.com terus
mencetak prestasi di masa pandemi saat ini. Di Q2 2021, tiket.com mencatat
kinerja bisnis terbaik semenjak pandemi mulai tahun lalu. Transaksi di semua
lini produk unggulan meroket rata-rata 700% bila dibandingkan dengan periode Q2
2020.
Hal ini menandakan bahwa berwisata
atau jalan-jalan adalah salah satu kebutuhan primer yang telah ditunggu-tunggu
oleh masyarakat Indonesia. Pariwisata juga menjadi salah satu tanda-tanda pertumbuhan
ekonomi, karena pada periode yang sama, perekonomian pun tumbuh sekitar 7
persen.
Lalu, jika ditelaah lebih lanjut, pada
Q2 2021, angka transaksi tiket pesawat meningkat 400 persen, transaksi
akomodasi terdongkrak 600%, serta transaksi hiburan dan travel essentials di
tiket To Do menanjak 1.100 persen.
Selain itu, angka unduh tiket.com pun
meningkat 2,5 kali lipat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini bukti
bahwa semakin banyak masyarakat Indonesia yang memercayakan segala kebutuhan
dan perlengkapan perjalanan pada tiket.com.
Terima 3 Penghargaan
Perayaan ulang tahun ke-10 tiket.com
juga dibarengi dengan prestasi perusahaan dalam mendapatkan tiga penghargaan,
yaitu HRAsia Best Company to Work For in Asia 2021 (untuk 2 tahun berturut-turut)
dan HRAsia Most Caring Companies Awards 2021 (untuk pertama kalinya), serta
peringkat ke-5 perusahaan berpredikat Happiness Index 2021 dengan total scoring
total 4,55.
Ketiga penghargaan tersebut menjadi
testamen keberhasilan implementasi budaya atau core value HAPPY (Hunger, Agile,
People-oriented, Performance driven, dan Yourself) yang senantiasa diusung oleh
tiket.com.
Chief People Officer, tiket.com, Dudi
Arisandi, menyampaikan, sebagai perusahaan dinamis di industri
pariwisata, tiket.com selalu berupaya untuk menjadi perusahaan yang
people-centric. Karena memandang t-fam sebagai prioritas utama agar dapat
bersama-sama maju menyejahterakan Indonesia melalui industri pariwisata.
"Dengan core value HAPPY (Hunger,
Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself), tiket.com terus
meredefinisikan dan memperkuat makna bekerja dan berkarya dengan kejujuran dan
transparansi, sehingga budaya HAPPY tiket.com pun terus terpancar dalam
operasional perusahaan sehari-hari," katanya.
Ditambahkan VP Brand Marketing,
tiket.com, Maria Risa Puspitasari, mengajak konsumen Indonesia agar segera
memanfaatkan promo diskon heboh ini untuk rencana perjalanan di masa mendatang
ketika sudah aman berpergian dan berwisata.
“Fokus utama tiket.com adalah turut
mendorong angka kunjungan wisatawan Indonesia ke beragam destinasi domestik
agar dunia travel Indonesia dapat segera bangkit dan pulih kembali. Terbukti
bahwa promo yang digelar oleh tiket.com sangat efektif dalam mendorong angka
kunjungan ke destinasi wisata di Indonesia, sehingga para pelaku wisata dapat
tetap mencari nafkah di tengah kondisi sulit seperti saat ini," jelasnya.
Berlangsung selama 8 hari penuh (10
hingga 17 Agustus 2021), diskon DEKADE mencapai 50% + ekstra diskon hingga Rp 1
juta untuk semua fitur tiket.com tanpa terkecuali, mulai dari pembelian tiket
pesawat, kereta api, menginep di hotel, tiket Homes, tiket To Do, hingga
layanan jasa sewa kendaraan.
Secara detail, skema diskon DEKADE
yakni, diskon hingga Rp 310.000 untuk pembelian tiket pesawat Sriwijaya Air,
NAM Air, Batik Air, Citilink, Garuda, dan Super Air Jet. Diskon hingga Rp
60.000 untuk pembelian tiket kereta api semua destinasi.
Diskon hingga 50% dan tambahan diskon
hingga Rp 1 juta untuk semua jenis penginapan, termasuk hotel dan akomodasi
non-hotel. Diskon hingga 20% + ekstra diskon hingga Rp 1 juta untuk semua
produk yang tersedia di dalam fitur tiket TO DO, termasuk tes Covid-19.
Kemudian diskon hingga Rp 340.000
untuk penyewaan mobil di seluruh Indonesia untuk semua jenis mobil. Diskon
hingga Rp 140.000 untuk layanan jasa car transfer di bandara domestik atau
stasiun kereta api.
“Walaupun proses vaksinasi tengah
berjalan, kami tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan
protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan atau tengah
berwisata. tiket.com turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan
liburan dengan matang, agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati,” tambah
Risa. (*)
(Medan)
Belum ada Komentar untuk "Rayakan Satu Dekade, Soroti Evolusi Peran tiket.com Sebagai Pionir OTA di Indonesia "
Posting Komentar