Pemko Medan Ditargetkan Periksa 4.965 Spesimen Dalam Sehari

Lensamedan - Wali Kota Bobby Nasution mengatakan, perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Kota Medan diikuti dengan penetapan target pemeriksaan 4.965 spesimen setiap hari.

Penetapan target ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 28 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada tanggal 2 Agustus 2021.

Hanya saja saat ini, kemampuan Pemko Medan  memeriksa baru dikisaran 2900 hingga 3100 spesimen dalam.

Ini menurut Bobby dikarenakan, banyak masyarakat yang enggan untuk menginformasikan saat dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga sulit dilakukan tracing atau pelacakan

“Padahal  dari 1 yang terkonfirmasi positif, kita harus tracing dan melakukan testing hingga 15 orang yang  memiliki kontak erat,” ujar Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Rabu (4/8/2021).

Bobby menyebutkan, selain keengganan masyarakat, kendala lain yang mereka hadapi adalah petugas tracing yang memiliki kemampuan melakukan pendekatan ke masyarakat.

“Karena itu kita akan optimalkan puskesmas dan Kepala Lingkungan untuk melakukan pendekatan ke masyarakat. Karena kadang di internal kami saja ketika ada yang positif, orang dekatnya susah untuk ditracing. Jadi memang butuh pendekatan yang humanis,” sebutnya.

Seperti diketahui, Kota Medan masih memberlakukan PPKM level 4 hingga 9 Agustus mendatang.

Untuk Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan menjadi satu-satunya daerah yang ditetapkan di level 4. (*)

 

 

(Medan)   

Belum ada Komentar untuk "Pemko Medan Ditargetkan Periksa 4.965 Spesimen Dalam Sehari "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel