Minim Pendonor, Stok Darah PMI Medan Kritis


Lensamedan - Minat masyarakat untuk melakukan donor minim, seiring dengan masifnya pelaksanaan vaksinasi di Kota Medan. Akibatnya, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Medan sangat kritis.

Kepala Seksi Teknik Laboratorium dan BDRS Unit Donor Darah PMI Kota Medan, dr Ira Fitrianti Putri Lubis mengatakan, orang yang vaksin harus menunggu beberapa hari baru boleh mendonor. Misalnya untuk yang vaksin pertama, dia baru boleh vaksin setelah 3 sampai 4 hari, sedangkan orang yang baru vaksin kedua, maksimal seminggu lagi baru bisa donor.

“Namun itu bukan faktor yang utama, karena pandemi dan PPKM lah faktor utamanya," ungkap Ira Fitrianti Putri Lubis, Rabu (4/8/2021).

Ira mengatakan, sejak pandemi, pendonor memang sudah sangat sepi ditambah lagi adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan pelaksanaan vaksinasi. Ini sebutnya membuat masyarakat sulit bergerak. Pihaknya juga sulit menggelar kegiatan donor karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

"Kita juga sekarang jarang membuat kegiatan donor darah, padahal stok kita banyak diperoleh dari kegiatan kegiatan donor darah diluar. Seperti bekerjasama dengan instansi, hotel, BUMD, dan juga Instansi swasta lainnya," ujarnya.

Disebutkannya, stok darah di UUD PMI Medan saat ini hanya berkisar 60 kantong. Sementara permintaan rumah sakit di Medan setiap harinya tidak pernah turun.

"Stok kita 60 kantongan, semua golongan darah ada hanya saja yang jarang ada itu golongan darah AB," sebutnya. 

Sementara itu, salah seorang warga Kota Medan, Dedy Armaya mengaku masih rutin mendonorkan darahnya meski pandemi. 

Ia menyebutkan, setidaknya setiap 3 atau 4 bulan, donor darah selalu dilakukannya.

"Sampai saat ini, saya sudah 26 kali mendonorkan darah," katanya.(*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Minim Pendonor, Stok Darah PMI Medan Kritis"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel