Bobby Nasution : Pengembangan Kebun Binatang Medan Butuh Investor

Lensamedan - Wali Kota Bobby Nasution menegaskan, pengembangan Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) membutuhkan investor.

Untuk itu, ia meminta manajemen Kebun Binatang Medan yang baru nantinya untuk bisa menggandeng pihak swasta dalam pengelolaan Kebun Binatang Medan sehingga bisa lebih berkembang.

 “Selama ini upaya untuk ke arah sana sudah ada, tetapi memang belum berhasil,” ujar Bobby Nasution usai menerima sumbangan dari PT Musim Mas untuk keberlangsungan satwa yang ada di Kebun Binatang.

Dikatakan Bobby, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditugaskan selama ini memang belum memiliki orientasi bisnis, karena terbiasa bekerja untuk pemerintahan.

“Untuk itu manajemen kedepan harus benar-benar profesional. Kalau pun nanti duduk di sini, harus bisa berkolaborasi  dengan swasta, bisa mengajak investor masuk,” katanya.

Ini menurut Bobby dikarenakan potensi yang dimiliki Kebun Binatang Medan sangat besar. Apalagi diketahui, tidak ada lokasi wisata di Kota Medan yang berbau alam.

“Dan ini kondisinya kan kita lihat tadi masih rimbun, masih enak. Dan binatangnya bukan hanya dalam kandang, di luar kandang pun banyak binatangnya. Artinya suasananya masih alam sekali,” tuturnya.

Kehadiran investor ini nantinya menurut Bobby akan membantu Pemerintah Kota dalam mengembangkan unit usaha sebagai upaya mendapatkan PAD. Karena kemampuan pemerintah daerah sangat terbatas.

“Karena yang kita utamakan pasti untuk kepentingan sosial masyarakat. Karena kalau anggaran kita jor-joran membangun bisnis kan gak cocok, karena kita macam bukan pemerintah, kok malah fokus berbisnis, jadi ini harus optimalisasi dananya bisa kita tarik swasta, ” imbuhnya.

Tetapi dengan kondisi saat ini, Bobby Nasution tidak mau memberi target waktu untuk manajemen yang akan ditunjuk nantinya. Sebab pandemi yang masih berlangsung saat ini diyakini tidak akan membuat investor tertarik untuk masuk dalam pengelolaan.

“Investor kan pasti tolok ukurnya kan profit atau keuntungan, sementara Kebun Binatang ini kan harus kita tutup sementara lagi karena kasus naik lagi. Tapi kita harapkan secepatnya,” tambahnya.

Seperti diketahui, pengelolaan Kebun Binatang Medan berada di bawah tanggung jawab PD Pembangunan Kota Medan yang saat ini masih proses seleksi jajaran direksi. Hanya saja belum diketahui kapan direksi yang baru diumumkan. (*)

 

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Bobby Nasution : Pengembangan Kebun Binatang Medan Butuh Investor "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel