Wali Kota Medan Dukung Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan

Lensamedan - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mendukung inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan.

Tentunya ini menjadi awal pelaksanaan inovasi sekaligus sebagai tindak lanjut dari kegiatan akselerasi pelayanan yang diinisiasi oleh Sekretariat DPRD Kota Medan.

"Saya mendukung penuh inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan yang hari ini di launching."kata Bobby Nasution dalam acara peluncuran Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan yang digelar di Gedung DPRD, Rabu (30/6/2021).

Bobby Nasution juga mengatakan, peluncuran inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan ini terasa lebih istimewa, karena menjelang hari ulang tahun Kota Medan ke 431. Ditambah lagi inisiatif inovasi ini muncul didasarkan atas masukan dari para stakeholder Sekretariat DPRD Kota Medan yaitu pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan.

Artinya masukan dan keluhan dari para anggota DPRD Kota Medan yang diperoleh melalui survei kepuasan pelayanan Sekretariat, ditindaklanjuti dan dirumuskan dalam sebuah program inovasi, sehingga kegiatan yang dilakukan tepat sasaran dan tepat target karena langsung dapat diketahui kebutuhan dari pengguna layanan.

"Untuk itulah inovasi ini harus terus dikembangkan dan diperbanyak, jangan sampai inovasi yang sudah digagas ini berhenti di tengah jalan," pesan Bobby Nasution.

Lebih lanjut lagi Bobby Nasution mengungkapkan, inovasi yang diluncurkan ini tidak seluruhnya terkait dengan teknologi informasi. Terdapat juga tata kelola dan perubahan mindset pegawai. Lebih khususnya inovasi yang dijalankan juga menyasar ke seluruh lini mulai dari ASN sampai dengan tenaga kebersihan.

Oleh karena itu Bobby Nasution berharap agar inovasi yang sudah berjalan wajib untuk dapat dikelola dengan baik dan didokumentasi. Sehingga nantinya apabila ada tamu yang berkunjung, maka dapat dipresentasikan agar bisa dilakukan replika oleh daerah tersebut. Dan dokumentasi ini juga diperlukan untuk kebutuhan kompetisi inovasi.

"Saya berharap Sekretariat DPRD Kota Medan dapat menargetkan untuk mengikuti berbagai kompetisi inovasi, baik itu  kompetisi pelayanan publik maupun kompetisi Innovative Goverment Award," harap Bobby Nasution.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim mengatakan, tuntutan perubahan yang semakin cepat terjadi serta kesadaran terhadap hak dan kewajiban yang semakin tinggi menuntut Sekretariat DPRD Kota Medan harus peka dan tanggap terhadap perubahan tersebut dengan meningkatkan kapasitas SDM di Sekretariat DPRD Kota Medan.

Dengan begitu setiap elemen di Setwan mampu mengembangkan cara baru, ide baru, serta mengubah mindset yang baru dengan berpedoman pada peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak ada konflik kepentingan, berorientasi pada kepentingan stakeholder, dan dilakukan secara terbuka.

Terlebih lagi dalam dua tahun terakhir ini, Sekretariat DPRD Kota Medan telah melaksanakan survei kepuasan atas layanan fasilitasi kepada pimpinan dan anggota DPRD sehingga segala kekurangan dan kelemahan dalam survei dapat diatasi dengan inovasi.

"Jika semangat dan etos kerja bisa tetap dijaga, saya yakin Sekretariat DPRD Kota Medan akan mampu menjadi salah satu Sekretariat DPRD terbaik di Indonesia dan kinerja Setwan yang prima akan mendongkrak kinerja DPRD Kota Medan dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga ini," ujar Hasyim.

Sebelumnya Plt Setwan DPRD Kota Medan, Erisda Hutasoit dalam laporanya menjelaskan, inovasi ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi stakeholder Sekretariat DPRD Kota Medan dalam hal ini pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan untuk mengakses layanan fasilitasi kesekretariatan.

Selain itu juga untuk meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap organisasi.

Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan ini juga telah menghasilkan 24 ide dan gagasan inovasi yang tersebar di seluruh unit kerja di lingkungan DPRD Kota Medan.

"Inovasi ini akan terus dikembangkan dalam mendukung visi dan misi kota Medan," sebutnya.

Peluncuran inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bobby Nasution dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen inovasi yang dilakukan oleh para Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan yang diketahui oleh Bobby Nasution.

Peluncuran inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan ini juga disaksikan secara virtual oleh Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen ASN LAN RI, Dr. Agus Sudrajat MA dan Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN&RB, Prof. Dr. Diah Natalisa,MBA.

Selain itu turut juga hadir secara langsung Staf Ahli Gubernur Sumut, H. Agus Tripriyono, Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu beserta Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Shaula Arindianti, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman dan Ketua Dharma Wanita Kota Medan, Ismiralda, unsur Forkopimda Kota Medan dan pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan. (*)

 

(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Wali Kota Medan Dukung Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel