Sofyan Tan : Pandemi Waktu yang Tepat Mengamalkan Pancasila


Lensamedan - Anggota MPR RI Sofyan Tan mengingatkan para tenaga pendidik untuk mengamalkan butir-butir yang termaktub dalam Pancasila di masa pandemi.

Hal ini disampaikannya di hadapan tenaga pendidik dalam sosialisasi empat pilar Berbangsa dan Bernegara di Aula Bung Karno Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), Sabtu (31/7/2021).

 

Sofyan Tan menyebutkan, pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini memberi dampak yang besar dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Bukan hanya dari sisi kesehatan, tetapi juga roda perekonomian mengalami tekanan hebat akibat pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah sejak awal Juli.

 

“Dan hal ini tentunya banyak terlihat di lingkungan sekitar tempat tinggal kita,” ujar Sofyan.

 

Karena itu kata Sofyan, ia mengajak para tenaga pendidik untuk memberikan perhatian ke lingkungan sekitar tempat tinggal, sehingga warga yang mengalami dampak pandemi memiliki semangat untuk bertahan.

 

“Tak hanya dalam bentuk perhatian ekonomi, tetapi jika kita saling mengingatkan tentang perilaku hidup sehat, tentunya ini akan mempercepat berakhirnya pandemi,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

 

Menurutnya, perhatian terhadap sekitar tempat tinggal ini merupakan pengamalan sila kedua Pancasila yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

 

“Karena penjabaran sila kedua itu mengajarkan kita untuk gemar melakukan kegiatan kemanusiaan,” terangnya.

 

Ditambahkannya, selain sila kedua, sila kelima Pancasila pun juga mengajarkan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan perbuatan luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

 

“Inilah waktu yang sangat tepat untuk kita membuktikan kesaktian Pancasila sebagai dasar negara kita, sehingga Indonesia semakin kuat dan kokoh,” pungkasnya. (*)

 

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan : Pandemi Waktu yang Tepat Mengamalkan Pancasila "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel