Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban LKPD APBD 2020

 

Foto : Bupati Zahir tampilkanhasil laporan pertanggungjawaban LKPD APBD 2020. (Erwin)

 

Lensa Medan - 
Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menyampaikan penjelasan tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (T.A) 2020 dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada Rapat Paripurna Istimewa di Ruang Rapat Utama DPRD Batu Bara, Senin (5/7/2021).
 
Keseluruhan fraksi Partai menerima Laporan Keuangan Daerah dan menyetujui rancangan peraturan daerah untuk disahkann menjadi peraturan daerah.
 
Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP mengatakan, Pemkab Batu Bara telah berupaya menyusun laporan keuangan Pemerintah daerah yang berguna untuk pengambilan keputusan, serta menunjukkan akuntabilitasa manajerial yang transparan.
 
Selain Laporan Keuangan Pemerintah kabupaten Batu Bara adalah Laporan keuangan yang telah di periksa (di audit) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan diberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 
 
Pemberian Opini tersebut berdasarkan atas hal-hal berikut :
1. Tidak terjadi kekurangan dana kas di bendahara pengeluaran SKPD
2. Penerbitan SP2D tidak melewati tahun anggaran (OUT STANDING)
3. Penyajian angka laporan keuangan dapat di pertanggung jawabkan
4. Penataan persediaan sudah memadai
5. Keinginan untuk memperbaiklaporan keuangan semakin tinggi.
 
Penyajian LKPD untuk tahun berikutnya kiranya dapat disajikan secara wajar, sekaligus memperkokoh terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik, maka langkah yang menjadi prioritas utama dan mendesak yang harus ditempuh Pemkab Batu Bara adalah :
 
1)  Membangun sistem pengendalian intern yang baik di setiap OPD, Meningkatkan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan bagi petugas yang terkait dengan pengeloaan keuangan daerah.
 
2), Menempatkan tenaga profesional meningkatkan peran dan fungsi pada inspektorat.
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Batu Bara yang tetap memantau dan memberikan masukan tentang kinerja Pemkab Batu Bara. Tentunya kami akan berusaha bekerja lebih baik untuk masyarakat kabupaten Batu Bara,“ tandas Bupati Batu Bara Zahir.
 
Reporter : Tim
Editor : Diko

Belum ada Komentar untuk "Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban LKPD APBD 2020"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel