Pertanyakan PPDB Online, Orang Tua Siswa Datangi Disdik Sumut


Lensamedan - Puluhan orang tua siswa calon peserta didik baru untuk tingkat SMA mendatangi Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Cik Di Tiro Medan, Selasa (8/6/2021).

Kedatangan para orang tua siswa  ini dikarenakan mereka kesulitan mengakses sistem pendaftaran online yang sudah dimulai sejak Senin (7/6/2021).

Salah satu orang tua siswa, Rolinda Simanjuntak  mengatakan, kedatangan mereka karena ingin bertanya mengenai peraturan PPDB itu sendiri. Karena ada masalah yang tidak bisa diselesaikan

“Kami kan mau daftar ke SMA Negeri 5, tapi malah nyasar ke SMA di Labuhanbatu. Padahal kan pendaftaran yang sekarang ini dari jalur prestasi akademik dulu,” kata Rolinda.

Rolinda menyebutkan, permasalahan yang ia alami ternyata dirasakan orang tua siswa lainnya.

“Disamping masalah password dan sekolah yang ternyata gak terdaftar di sistem IT,” keluhnya.

Orang tua siswa lainnya, Merry Ginting menambahkan, awalnya ia  sudah melakukan pendaftaran. Tetapi ternyata anaknya dari prestasinya ikut jalur prestasi.

Hanya saja kata Merry, ketika diprint, bukti registrasi yang keluar itu malah jalur afirmasi.

“Jadi kita sudah komplain ke SMA Negeri 1, cuma belum ada jawaban. Jadi hari ini, hari kedua kita coba lagi ternyata pilihan SMA Negeri 1 larinya ke SMA Negeri 2 . Sampai 10 kali kita ulangi terus. Dah di data semua historisnya, clear masih tetap sama,” keluh Merry.

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sabar mengatakan, pihaknya sudah membuat posko yang menginformasikan bahwa pendaftaran itu secara online, mulai dari tanggal 7 sampai tanggal 9 Juni. Jadi secara online masing masing.

“Ternyata itu ada kendala, sehingga yang mendaftar itu langsung ke SMA 1. Karena kami hanya menjelaskan, tidak terlibat kedalam pendaftaran langsung karena servernya itu provinsi. Jadi hak kami hanya menginformasikan bahwa ini langsung dari rumah, kalaupun ada kendala itu bukan wewenang kami,” kata Sabar.

Sabar menyebutkan, untuk SMA Negeri 1, kuota yang diberikan sebanyak 432 siswa.

“Itu keseluruhannya, ada namanya prestasi, zonasi, dan anak guru,” sebutnya.

Sabar memastikan, SMA 1 siap untuk belajar tatap muka, selama memang pendidikan daerah itu mengintruksikan untuk tatap muka.

“Uji coba belum, cuma alat alat yang mendukung itu sudah siap,” tutupnya. (*)

 

(Medan)  

 

 

Belum ada Komentar untuk "Pertanyakan PPDB Online, Orang Tua Siswa Datangi Disdik Sumut "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel