Bali Relatif Aman, Wisatawan Mulai Berdatangan

Lensamedan-Bali tercatat sebagai provinsi yang sukses melawan pandemi covid-19.   Daerah wisata itu,  sudah terbebas dari zona merah,  relatif aman dari pandemi Covid-19. Karena itu, kunjungan orang ke Bali pun  meningkat, dan Bali pun sudah  berrencana menggelar 20 event pariwisata  mulai Juni hingga Desember mendatang. Presiden Jokowi pun memberi apresiasi atas prestasi ini.

"Bali sekarang sudah relatif aman. Penyebaran covid-19 sudah rendah. Semua unsur jangan lengah, disiplin harus ditingkatkan. Protokol kesehatan mesti dipatuhi. Bali harus dipercaya aman, sehingga orang luar mau berkunjung," kata Gubenur Bali I Wayan Koster, yang telah mensiapkan tiga zona hijau dengan pola  free covid corridor, yakni Ubud Kabupaten Gianyar, ITDC Nusa Dua dan Sanur Denpasar.

Wakil Gubenur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati,  yang akrab disapa Cok Ace, menegaskan, perekonomian Bali akan bangkit dengan meningkatnya orang berkunjung ke Bali.

"Sekarang wisatawan lokal  sudah berdatangan, selanjutnya bulan Juli kita bukan pintu untuk wisatawa mancanegara," ujar Cok Ace. 

Dan Wagub Bali itu sangat yakin bahwa tidak lama lagi Bali akan menjadi zona hijau, bersamaan dengan divaksinnya seluruh penduduk Bali, karena sekarang sudah 70% yang divaksin.

Meningkatnya jumlah wisatawan ke Bali juga tidak terlepaskan dari bantuan Pemerintah Pusat yang menerapkan program Work From Bali (WFB) sejak Januari lalu. 

"Program Work From Bali, terbukti membantu meningkatkan wisatawan berkunjung ke Bali," kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Cok Ace menjelaskan  berkat program Work From Bali (WFB) terjadi peningkatan wisatawan ke Bali  hingga tiga kali lipat, dari semula 2.000-2.500 kunjungan menjadi  7.000 -7.500 kunjungan. Dan hebatnya, pengunjung bertambah, tapi penyebaran covid-19 justru berkurang.

Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan,  Pengprov Bali  pun telah  berencana menggelar sekurang 20 event pariwisata mulai Juni hingga Desember di tahun 2021 ini.  Di antaranya, Ubud Jazz Festival,  dan Nusa Dua International Run. Presiden Jokowi sendiri mengisyaratkan akan membuka  event pariwisata mancanegara,  pada bulan Juli 2021.

"Semua event itu sebagai strategi untuk menarik wisatawan baik lokal mau pun  mancanegara. Bali mesti kembali ramai, agar  perekonomiannya sehat. Karena itu kami akan menjadi tuan rumah yang baik bagi setiap perhelatan, apalagi yang skalanya nasional,"kata  Wagub Cok Ace.

Berikut Rencana 20 event yang akan diselenggarakan di Bali  tahun 2021:

1. Nusa Penida Festival
2. Nusa Dua International Run
3. Pesona Nusa Dua Fiesta 2021
4. Ubud Writers and Readers Festival
5. Gianyar Layang-Layang Festival
6. Ubud Jazz Festival
7. Festival Jatiluwih
8. Festival Kerambitan
9. Tanah Lot Weeked II
10. Denpasar Festival
11. Bali & Beyond Travel Fair (BBTF)
12. Pesta Kesenian Bali Festival
13. Tabanan Amazing Race
14. Karangasem Cultural Movement Carnaval 2021
15. Penglipuran Festival
16. Makepung Festival
17. Umabian Fest
18. Bali Cycling Marathon
19. Buleleng Festival
20. Pemuteran Festival 

(Nasional)

Belum ada Komentar untuk "Bali Relatif Aman, Wisatawan Mulai Berdatangan"

Posting Komentar

Forwakum Sumut Jenguk Ketua Pewarta Polrestabes Medan

LensaMedan - Sebagai bentuk solidaritas sesama rekan jurnalis, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) menjenguk Ketua Pewart...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel