Perkuat Program Merdeka Belajar, USU Kolaborasi dengan PTPN III

Lensamedan - Memperkuat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Sumatera Utara (USU) terus menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Terbaru, USU menggandeng PTPN III untuk memperkuat program MBKM yang tengah digalakkan Kemendikbudristek itu.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi yang menginisasi kerja sama itu mengatakan, USU dan PTPN III telah menandatangani nota kesepahaman yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan kedua belah pihak.

“Fokusnya adalah kegiatan kerja sama di bidang kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (28/6).

Lebih rinci, MoU yang ditandatangani Rektor USU dengan Direktur Utama PTPN III Mohammad Abdul Ghani pada Selasa (15/6) di Jakarta tersebut memuat teknis imlementasi Program Merdeka Belajar Kamus Merdeka di antaranya untuk bidang penelitian, pengembangan dan inovasi.

Kemudian pemanfaatan serta optimalisasi aset, kampanye karakter dan peradaban bangsa serta bidang lainnya yang disepakati kedua belah pihak dan nota kesepahaman berlaku selama lima tahun.

Rektor berharap dengan adanya kerja sama ini implementasi Program MBKM yang tengah dijalankan di USU semakin kokoh.

“Kolaborasi dengan PTPN III tentu sangat penting khususnya untuk pengembangan Program Studi Pertanian dan Kehutanan,” ujarnya.

USU sendiri saat ini tengah gencar mengimplementasikan Program MBKM. Di antara program yang sedang berjalan adalah pembuatan buku panduan MBKM, dekonstruksi kurikulum, perluasan mitra industri, program magang mahasiswa dan mempersiapkan 10 program studi yang akan dijadikan pilot project MBKM.

Rektor menegaskan, Program MBKM di USU juga harus diselaraskan dan memenuhi indikator dari penilaian pemeringkatan universitas dan mendukung program USU menuju world class university.

“Sesuai tagline kita, kita harus bertranformasi menjadi yang terbaik di segala lini. Transformation Toward the Ultimate,” tegasnya. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Perkuat Program Merdeka Belajar, USU Kolaborasi dengan PTPN III"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel