Pendapatan KPN Pemko Medan Diharapkan akan Meningkat

Lensamedan - Realisasi Pendapatan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Pemko Medan tahun buku 2020 mencapai sebesar Rp10 miliar lebih 88%  dari jumlah yang ditargetkan di RAPB tahun 2020 sebesar Rp11 miliar lebih.

Untuk itu di tahun buku 2021 KPN Pemko Medan optimis pendapatan akan meningkat 17%,  karena KPN akan menambah unit usaha dengan mengelola usaha kuliner yaitu kantin di Kantor Wali Kota Medan.

Hal ini terungkap dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Pemko Medan tahun buku 2020 yang digelar secara virtual  di Command Center Kantor Wali Kota Medan, di Jalan Kapten Maulana Lubis No 2 Medan, senin (28/6/2021), yang dibuka oleh Sekda Ir Wiriya Alrahman MM.

Dalam arahannya, Wiriya mengatakan,  RAT bagi koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Selain itu RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan.

"Dalam meningkatkan kualitas koperasi diharapkan Unsur Badan Koperasi dapat mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannya masing-masing. Selain itu juga wajib memikirkan langkah - langkah apa yang harus dilakukan untuk memajukan dan mengembangkan koperasi," kata wiriya.

Ke depan Wiriya berharap, KPN Pemko Medan agar  lebih kuat dan mampu dalam berusaha untuk mensejahterakan anggotanya, karena Koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

Selain itu diharapkan KPN Pemko Medan bisa mandiri dalam menghadapi globalisasi, mengingat Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Tentunya ke depan tantangan akan semakin berat dan beragam.

"Unsur Pengurus KPN Pemko Medan harus saling bahu membahu dalam mengemban amanah anggota, pro aktif dalam meningkatkan dan mengembangkan koperasi. Selain itu juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi sebagai adaptasi akan semakin meningkatnya kualitas sistem akuntansi yang akuntabel, cermat dan tepat guna," katanya.

Sementara itu Badan Pengawas KPN Pemko Medan, Muslim S.Sos  menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, Badan Pengawas menilai berbagai aktivitas atau kegiatan KPN Pemko Medan tahun buku 2020 baik, mulai dari keuangan dan kegiatan usaha, kinerja Pengurus dan karyawan serta piutang KPN Pemko Medan secara menyeluruh. Selain meningkatkan jumlah pinjaman, Muslim juga memberi saran agar dapat meningkatkan pendapatannya.

"Dari unit usaha yang ada KPN Pemko Medan harus mengembangkan unit usahanya agar dapat meningkatkan pendapatannya. Unit usaha baru itu nantinya harus sesuai dengan AD/RT KPN Pemko Medan," jelasnya.

Ketua I KPN Pemko Medan Achmad Basarudin mengaku meskipun masih pandemi Covid-19, RAT tahun buku 2020 berjalan lancar dan sukses. Atas nama pengurus KPN Pemko Medan dirinya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh anggota yang meluangkan waktunya mengikuti RAT melalui virtual. Tentunya ini akan membuat lebih efektif dan ringkas dalam pelaksanaannya.

Terkait  pencapaian yang telah dicapai KPN Pemko Medan pada Tahun Buku 2020, Ketua I KPN Pemko Medan mengungkapkan tidak lepas dari peran serta anggota KPN Pemko Medan. Ke depan pihaknya akan lebih meningkatkan inovasi yang dapat menjadikan KPN Pemko Medan sebagai wadah yang dapat mensejahterakan anggotanya.

"KPN Pemko Medan di tahun 2021 berencana akan mengelola unit baru yaitu usaha perkulineran. Dimana KPN Pemko Medan akan mengelola kantin Kantor Wali Kota Medan dan berkomitmen akan mewujudkan kantin yang ideal dan nyaman. Untuk itu di tahun buku 2021 KPN Pemko Medan optimis pendapatan akan meningkat sebesar 17%," jelas Basarudin. (*)

 

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Pendapatan KPN Pemko Medan Diharapkan akan Meningkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel