Pemko Medan Apreasiasi Digital Entrepreneurship Academy


Lensamedan - Pemko Medan mengapresiasi kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digelar Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo Medan, 17-18 Juni 2021 di Hotel Grand Mercure Medan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penguatan bagi UMKM di Medan untuk bisa berkembang di era digital saat ini.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, diwakili Kadis Koperasi dan UMKM, Edliaty, saat membuka kegiatan tersebut, Kamis (17/6/2021).

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo Medan, Irbar Samekto, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Mansursyah yang bertindak sebagai pembicara pada hari pertama, juga puluhan pelaku UMKM Medan yang menjadi peserta kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo Medan atas diselenggarakannya Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini. Kegiatan yang bertemakan Penguatan UMKM Digital Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat ini tentunya sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM,” ucapnya.

Edliaty mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengalami krisis ekonomi.

Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional.

“Oleh karena itu pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM di masa pandemi perlu  menjadi perhatian banyak sektor terutama lembaga pemerintah.  Salah satunya dengan diadakannya kegiatan Digital Entrepreneurship Academy ini,” ungkapnya.

Usai acara pembukaan dan jeda, sesi pertama pun dibuka. Bertindak sebagai narasumber adalah Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Mansursyah, dengan materi berjudul “Infrastruktur Digital untuk Keberhasilan Perdagangan Digital”.

Dengan bahasa sederhana, Mansursyah memaparkan tentang peran teknologi komunikasi dan informasi dalam mengembangkan usaha pelaku UMKM. Dia mengatakan, digitalisasi membuat UMKM menjadi lebih mudah dan cepat berkembang.

“Untuk digitalisasi itu, tentunya diperlukan infrastruktur digital. Tidak mungkin perekonomian digital berjalan tanpa insfrastruktur digital yang mumpuni,” ucapnya.

Mansursyah menambahkan, pengadaan infrastruktur digital ini merupakan upaya penguatan UMKM. Teknologi digital ini dapat dilakukan untuk pendataan UMKM, melakukan kerjasama dengan market place terkait pemasaran produk UMKM, juga memperluas pasar bagi produk UMKM. (*)

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Pemko Medan Apreasiasi Digital Entrepreneurship Academy"

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel