Jelang PPDB, Pengurusan Adminduk Alami Peningkatan


Lensamedan - Pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) khususnya kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan mengalami peningkatan menjelang penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Hanya saja menuurut Kepala Disdukcapil Kota Medan, Zulkarnain, peningkatam pengurusan adminduk tersebut tidak terlalu signifikan.

Menurutnya, peningkatan pengurusan adminduk memang terjadi, tapi tidak terlalu signifikan. “Memang meningkat tapi tidak terlalu tinggi. Hanya lebih ramai dibanding biasanya dan tetap bisa diantisipasi dengan baik,” sebutnya saat meninjau loket-loket pelayanan masyarakat, Rabu (16/6/2021).

Dikatakannya, sesungguhnya pihaknya jauh hari sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan terkait persyaratan adminduk. Misalnya, panitia penerima siswa baru tidak perlu meminta orangtua calon siswa menyertakan surat keterangan domisili ke Disdukcapil.

Kalau pun itu sebagai bagian persyaratan, orangtua atau wali siswa cukup meminta dari kelurahan atau ke kepala lingkungan (kepling).

“Sebab sesungguhnya tanggal penerbitan adminduk bukan sebagai dasar menghitung lamanya seseorang berdomisili di tempat tertentu, karena tanggal pencetakan terkait kapan permohonan diajukan,” terangnya.

Zulkarnain menambahkan, Disdukcapil senantiasa mengimbau agar permohonan perubahan data, dokumen kependudukan supaya menyegerakan permohonan perubahan data secara tepat waktu.

Khususnya, anak-anak yang belum punya akta kelahiran dan jangan menunggu saat hendak sekolah baru diurus.

“Fenomena-fenomena seperti ini, terangnya, bisa menjadi pembelajaran bersama untuk menguurus dokumen kependudukan secara tepat waktu serta pemutakhiran data kependudukan jika ada peristiwa penting,” tutupnya. (*)

 

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Jelang PPDB, Pengurusan Adminduk Alami Peningkatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel