Implementasikan Green Campus, Rektor USU Tinjau Pengolahan Limbah


Lensamedan - Bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin melakukan agenda peninjauan pengelolaan limbah di Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sabtu (5/6/2021).

Rektor menjelaskan kedatangannya ke pabrik pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di PT Sumatera Deli Lestari Indah itu adalah upaya untuk melihat bagaimana industri mengelola limbah yang ramah lingkungan dan bisa sustainable.

"USU menuju green campus, jadi USU perlu belajar dan berkolaborasi dengan industri bagaimana caranya mengelola limbah yang aman terhadap lingkungan," katanya.

Ia menjelaskan, limbah yang dihasilkan USU seperti limbah medis di Rumah Sakit USU serta limbah-limbah yang diciptakan laboratorium harus dikelola dengan baik sehingga program green campus bisa terwujud.

Muryanto juga berharap, kolaborasi dengan industri bisa menciptakan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Artinya, dosen dan mahasiswa bisa langsung belajar dari industri pengolahan limbah B3.

"Bisa misalnya, dalam 6 bulan sekali dosen dan mahasiswa magang di sini. Bagaimana mencari klien dan memanajerial indusri limbah agar juga ada profit secara bisnisnya," tegasnya.

General Manager PT Sumatera Deli Lestari Indah Wan Hidayati menyambut baik kedatangan Rektor USU Muryanto Amin.

"Kita sangat senang bersinergi dengan USU, karena USU sangat erat kaitannya dengan konsultan limbah. Jadi kami dari industri bisa juga mendapat feedback untuk pengembangan industri dari segi kajian ilmiah," ujarnya.

Wan Hidayati menjelaskan, muara dari kerja sama dengan USU ini adalah menciptakan pengelolan limbah B3 yang aman bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

"USU harus jadi pionir untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional agar pengelolaan limbah B3 di Sumatera Utara bisa lebih baik lagi," katanya.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Fahmi menjelaskan, kedatangan USU ke industri ini untuk memantapkan kerja sama dengan industri pengolahan limbah terutama untuk Program Studi Teknik Lingkungan.

Ia menjelaskan, rencananya nanti di teknik lingkungan akan dipasang unit Johkasou untuk pengelolaan limbah cair dan a pirolisis plastic waste to energy yang akan mengubah plastik menjadi bahan bakar.

"Pada prinsipnya Fakultas Teknik siap mendukung program Pak Rektor untuk menciptakan green campus dan mendukung pemeringkatan USU Greenmatric ke depan," tegasnya. (*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Implementasikan Green Campus, Rektor USU Tinjau Pengolahan Limbah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel