Aplikasi Bermasalah, Ombudsman : PPDB Tahun ini Kacau


Lensamedan - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK sederajat di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengalami gangguan server yang. Akibatnya proses PPDB pun terganggu.

Kondisi ini menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar memperlihatkan kemampuan Dinas Pendidikan Provinsi Sumut yang sangat buruk dalam mengelola PPDB. Seperti diketahui hal serupa juga terjadi pada tahun lalu.

"PPDB Online tahun ini kacau, aplikasi menjadi penyebabnya," ucap Abyadi usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Selasa (8/6/2021).

Ombudsman Sumut menurut Abyadi juga menemukan beberapa persoalan, yakni pendaftaran tak bisa dilakukan untuk jalur prestasi yang dibuka sejak awal pendaftaran per 7 Juni 2021. Tak hanya itu, Pendaftaran sekolah tujuan juga menjadi masalah. Mendaftar ke SMAN 3, tapi teregistrasi di SMAN 1 Pantai Labu.

“Setelah masalah yang kedua bisa diselesaikan, muncul lagi masalah baru. Diketahui setelah seluruh tahapan pendaftaran yang dilewati, justru sekolah yang dipilih tidak terlihat. Jadi, kolom sekolah tujuan kosong,” kata Abyadi.

Berikutnya lanjut Abyadi, suasana Kantor Disdik yang terkesan sangat kalut membuat orangtua para siswa yang memadati ruang aula, justru kebingungan. Sementara itu petugas Disdik dan tim teknisi yang berada di dalam aula, juga terlihat tak mampu memberikan solusi.

"Sampai siang ini, belum ada solusi yang pasti. Para orangtua dan siswa menyampaikan ke ombudsman, belum ada solusi. Karena pendaftaran belum bisa dilakukan," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Ombudsman Sumut menyarankan agar memperpanjang proses pendaftaran dan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumut juga harus memperbaiki aplikasi layanan pendaftaran online untuk memudahkan para pendaftar. (*)

 

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Bermasalah, Ombudsman : PPDB Tahun ini Kacau"

Posting Komentar

Jerman Ingin Perkuat Kerjasama Lingkungan dan Kebersihan dengan Pemko Medan

LensaMedan - Sejumlah hal yang memungkinkan untuk dikerjasamakan antara Pemko Medan dan Pemerintah Jerman, terutama masalah lingkungan dan k...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel