Karena Sampah,   Ruas Jalan Gang Kurnia Sari Rejo Rusak Parah

Lensamedan- Bertahun-tahun  dijadikan tempat pembuangan sampah mengakibatkan l ruas jalan Gang Kurnia, di Jalan Cempaka Lingkungan 4 Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia rusak parah.

Di kanan kiri jalan, sampah terlihat meninggi menjadi punggungan. Pejalan kaki akan kesulitan untuk terhindar dari kotor bila melintasi jalan ini. Pengendara sepeda motor harus berhati-hati sebab jalan selalu tergenang air menutupi bagian jalan yang berlubang. Tak jarang, motor yang memaksa lewat bernasib apes karena bannya bocor terkena paku.

Kawasan ini dulunya adalah persawahan namun kini tak ditanami lagi. Air tetap mengalir membelah jalan. Jalan air ini sudah tertutupi sampah dan air akhirnya meluap ke jalan.

Apabila hujan, kondisinya makin parah. Sampah akan bercampur air menggenang di badan jalan. Kotor sekali.

Muhar Rizal, warga Gang Kurnia mengatakan,  kondisi ini telah lama mereka tanggung. Jalan mereka rusak, bau sampah menguap ke pemukiman. Mereka yang tinggal di sekitar sulit tak berdaya untuk melarang orang membuang sampahnya ke lokasi itu.

"Bertahun-tahun sudah kondisinya seperti ini," kata Muhar, Minggu (2/4/21).

Salah satu penyebab masih banyaknya warga yang membuang sampah di lokasi ini dikarenakan  petugas kebersihan tidak setiap hari datang mengutip sampah. Padahal  banyak warga yang membayar retribusi pengutipan sampah sebesar Rp 25.000 per bulan. 

"Paling satu minggu (pekan) itu datang dua kali," kata Johanes, warga  Gang Kurnia yang lain.

Tak hanya di Gang Kurnia, kondisi ini juga terjadi di beberapa lingkungan lain di Sari Rejo. Akibatnya, sering terlihat lahan kosong dijadikan tempat pembuangan sampah.

"Kami warga berharap Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution tahu persoalan kami dan dapat membantu kami.  Apalagi beliau sedang fokus menangani masalah banjir dan sampah," pinta Muhar.

Memang saat ini di Sari Rejo termasuk di Lingkungan 4 dan 5 terlihat sedang dilakukan pembangunan parit oleh Pemko Medan. Ini bagian dari salah satu fokus Wali Kota Medan Bobby Nasution yakni penanganan banjir dan sampah di Medan.

Namun, sampai saat ini, belum ada tanda-tanda penanganan sampah Gang Kurnia.

Pada Januari 2020 silam, sampah di lokasi ini sempat dikeruk oleh alat berat dan di ratakan. Lurah Sari Rejo Nurainun ketika itu menyebut bahwa akan ada anggaran yang akan dialokasikan untuk rabat beton jalan itu. Setelah jalan diperbaiki, maka selanjutnya di kanan kiri jalan akan dibuatkan bambu agar orang tak lagi membuang sampah di lokasi itu.

Namun, pengalihan anggaran karena pandemi Covid-19 kemudian menyebabkan rencana tersebut tak terwujud sampai sekarang.*


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Karena Sampah,   Ruas Jalan Gang Kurnia Sari Rejo Rusak Parah"

Posting Komentar

Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, Wali Kota Medan Bersafari Ramadan ke Masjid Al Mustaqim

Lensamedan - Wali Kota Medan, Bobby Nasution melakukan Safari Ramadan ke Masjid Al Mustaqim, Kecamatan Medan Helvetia. Kegiatan ini dilakuka...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel