Sastra : Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka Sebagai Alun-Alun Kota

Lensamedan-Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Pesatnya pembangunan tampak terlihat di Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini, contoh sudah banyaknya gedung pencakar langit yang berdiri kokoh menjadi pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan, bahkan menjadi pusat hunian. Tidak hanya itu, volume kendaraan yang juga sudah sudah cukup padat tidak hanya menimbulkan kemacetan, tetapi juga menciptakan udara yang tidak sehat.

Pesatnya pembangunan dan semakin padatnya Kota medan, maka diperlukan Ruang Terbuka Hijau (RTH) agar udara di Kota Medan bisa lebih segar, bersih dan asri. Salah satu yang perlu dilakukan Pemerintah Kota Medan adalah dengan mengembalikan fungsi lapangan merdeka sebagai alun-alun kota. Hal ini diungkapkan oleh salah satu tokoh pemuda yang juga berprofesi sebagai pengacara kondang di Kota Medan, Sastra, S.H., M.Kn.

"Menurut saya, Medan ini kan kota nomor tiga terbesar di Indonesia ya, namun sayangnya sangat minim ruang terbuka hijaunya. Seharusnya Pemko Medan bersama DPRD Kota Medan setiap tahun nya bisa mengalokasikan APBD utk pembebasan (beli) lahan untuk dijadikan RTH hutan kota, sehingga wajah kota Medan berubah dan jadi lebih segar, tidak seperti sekarang ini terlihat kumuh dan sumpek, dimana-mana bangunan bahkan diatas paritpun ada bangunan," kata Sastra kepada lensamedan.co.id, Jumat (2/4/2021) siang.

Bahkan, Sastra sangat mendukung niat Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting yang secara lisan informasinya menyetujui rencana pembebasan (beli) lahan untuk dijadikan RTH dan Lapangan Merdeka dikembalikan fungsinya sebagai alun-alun kota.

"Kan Pemko Medan tinggal eksekusi aja. Saya kira pihak pengusaha juga sudah memperoleh keuntungan dari lokasi usaha Merdeka Walk tersebut. Sudah sepatutnya mereka menerima niat baik Pemerintah untuk merelokasi Merdeka Walk ketempat lain demi kepentingan umum," jelas Sastra.

"Warga Medan, termasuk saya berharap banyak kepada Pak Wali Kota Bobby Nasution agar menata kembali Kota Medan menjadi kota metropolitan yang ramah lingkungan. Ini merupakan harapan kita bersama, semoga menjadi warisan kepada generasi mendatang anak cucu kita," tandas Sastra.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sastra : Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka Sebagai Alun-Alun Kota"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel