Pemko Medan Siapkan 60 Ribu Vial Vaksin di Program Vaksinasi Massal Secara Drive Thru

Lensamedan- Pemerintah Kota (Pemko)  Medan berkolaborasi dengan Halodoc, Gojek serta pihak TNI dan Polri melaksanakan vaksinasi massal secara Drive Thru yang dilakukan di ex Bandara Polonia Medan atau Lanud Soewondo, Rabu (7/4/2021). Hal ini merupakan bagian dari upaya mempercepat tercapainya target herd immunity yang ditetapkan pemerintah.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang terlibat untuk mensukseskan vaksinasi massal yang difokuskan pada lansia ini. Ditargetkan per hari ada 1000 hingga 1500 orang per harinya yang mendapatkan vaksin ini.

"Terutama juga pada pihak Lanud Soewondo yang telah memberi tempat dan pada Halodoc yang dalam waktu 5 hari, saya bertemu secara virtual dan hari ini telah resmikan," ujar Bobby Nasution seusai meninjau langsung proses vaksinasi.

Melalui  kolaborasi ini, kata Bobby, Pemko Medan  menyiapkan  60 ribu dosis vaksin. Sehingga bila 1 hari target 1000 vaksin maka bisa sampai 60 hari terlaksananya vaksin melalui sistem drive thru ini.

"Kemungkinan juga bisa 1500 per hari kalau kita melihat kapasitas tempat yang diberikan saat ini. Dan, sekali lagi saya ucapkan ini guna mempercepat vaksinasi di Kota Medan yang memang menjadi program prioritas Pemko Medan," jelas Bobby. 

Sementara itu, CEO & Co-Founder Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, vaksinasi massal di Medan menjadi lokasi ke 6 setelah lokasi lainnya. Adapun keterlibatan Halodoc ini diungkapkan Jonathan bagaimana masyarakat mendapat kebutuhan obat dengan mudah.

"Terutama dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 yang saat ini dilakukan dengan vaksinasi. Kita benar-bebar fokus untuk memudahkan akses kesehatan ini. Salah satunya dengan kegiatan ini. Kita juga targetkan vaksinasi massal ini ada di 10 lokasi dan tidak tertutup kemungkinan bisa bertambah, karena kami siap terus bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan kami," terangnya. 

Jonathan juga menuturkan hingga hari ini tercatat sudah ada 3000 yang mendaftar melalui Halodoc untuk memperoleh vaksin Covid-19. Jumlah ini akan bertambah lantaran pendafataran dilakukan secara digital. 

"Diharapkan dengan adanya vaksinasi ini bisa menurunkan peningkatan angka Covid-19. Bila kita perhatikan melaluo data. Terbukti vaksinasi ini berhasil membuat angka penularan di masyarakat menurun," tambahnya.

Ditemui di tempat yang sama , Vice President Corporate Affairs Gojek Tengku Parvinanda Handriawan mengatakan, keterlibatan pihak Gojek bermitra dan dipercayakan menyediakan pos drive thru untuk pelaksanaan vaksin massal tersebut.

"Berkaca dari pos vaksin massal yang ketiga kegiatannya vaksinasi massal dikunjungi langsung oleh Presiden Joko Widodo dan mengatakan konsep vaksin drive thru ini harus diperluas lagi di kota-kita lainnya. Jadi peran kita disini adalah kemitraan membuat pos-pos vaksinasi seperti drive thru ini," kata Andri, sapaan akrabnya.

Ditambahkan Andri, bila melihat konsep pendaftaran melalui aplikasi Halodoc yang bisa juga tersambung melalui aplikasi Gojek di fitur GoMed. "Suport kita jadi tidak hanya off line saja. Tapi juga persiapan pendaftaran melalui aplikasi tadi," tandasnya.

Pertama kali diresmikan pada 3 Maret 2021 di Kemayoran, Pos Pelayanan Vaksinasi Drive Thru dari Halodoc dan Gojek telah berkembang ke lima lokasi di empat kota antara lain Bogor, Surabaya, Yogyakarta, dan kini Medan. Lebih lanjut, fasilitas vaksinasi ini mampu mengakomodir hingga 1.000 dosis vaksin setiap harinya dengan jam operasional Senin - Jumat pukul 09.00 - 17.00 WIB dan Sabtu pukul 09.00 - 13.00 WIB. Adapun pelaksanaan drive thru dari Halodoc dan Gojek ini tidak akan terwujud tanpa dukungan dari Kementerian Kesehatan RI, TNI, Polri, Pemerintah Kota Medan, Danone, Allianz, Loreal, dan Konimex. (*)

 

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Pemko Medan Siapkan 60 Ribu Vial Vaksin di Program Vaksinasi Massal Secara Drive Thru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel