Mainan Imajinasi Diyakini Penting untuk Perkembangan Anak

Lensamedan- Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil, mengembangkan imajinasi sangat penting untuk mengasah pola pikirnya. Anak dapat belajar melalui mengamati, membayangkan dan melakukan sesuatu. Belajar melalui bermain telah diakui secara luas oleh para praktisi sebagai metode dan kontributor penting untuk perkembangan anak. Early Learning Centre sebagai penyedia mainan edukasi anak juga ingin mendukung perkembangan anak dengan menghadirkan rangkaian mainan imajinasi yang tanpa mereka sadari mengajak belajar melalui permainan tersebut.

Brand General Manager Early Learning Centre Indonesia, Mohit Nigam mengungkapkan, menjadi bagian dari tumbuh kembang anak merupakan prioritas utama Early Learning Centre. Terdapat banyak mainan yang dapat mendukung pertumbuhan mereka dan permainan imajinasi adalah salah satunya.


“Early Learning Centre menghadirkan rangkaian mainan imajinasi untuk menunjang proses belajar, memberikan kesempatan anak untuk berimajinasi tentang dunia khayalan mereka, mengembangkan kreativitas serta perkembangan sosial anak,” ujar Mohit dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/4/2021).


Early Learning Centre membantu anak-anak untuk dapat berkembang dengan baik melalui mainan yang tepat. Untuk itu, pada setiap kemasan produk Early Learning Centre, dapat ditemukan Child’s Development Icon berbentuk segitiga yang berbeda-beda. Icon tersebut berfungsi sebagai informasi tumbuh kembang anak apa saja yang didapat jika anak bermain mainan tersebut. 


Terdapat 13 Child’s Development Icon, yaitu: Fine Motor Skills, Physical Development, Hand / Eye Coordination, Stimulates Sense, Creativity, Imaginative Play, Social Skills, Discover the World, Learning to Write, Learning to Read, Learning to Count, Problem Solving dan Instils Confidence.

Imaginative Play atau “bermain peran” menjadi salah satu jenis permainan yang penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Berikut ini 5 alasannya:

 

Mendorong imajinasi dan kreativitas

Anak-anak diberi kesempatan untuk berlatih menggunakan imajinasi mereka, melatih otak mereka dan melatihnya untuk berfikir kreatif, dan belajar bagaimana berfikir untuk diri mereka sendiri.

 

2.     Mendorong perkembangan sosial dan emosional

Ini tentang mempelajari siapa diri mereka sebagai individu dan bagimana mereka menyesuaikan diri dengan dunia di sekitar mereka, bagaimana dunia bekerja dan bagaimana berjalan dalam posisi orang lain. Mereka mengembangkan empati dan belajar bekerja sama dan bertanggung jawab serta berbagi tanggung jawab.

 

 Meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi

Bermain imajinasi menawarkan kesempatan sempurna untuk memperkenalkan anak-anak pada kosakata baru, dan semakin banyak skenario berbeda yang diperkenalkan kepada mereka, semakin banyak ruang untuk memperluas kosakata meraka.

 

4.     Mengembangkan kemampuan berpikir, belajar, dan memecahkan masalah

Permainan imajinasi memberikan anak berbagai masalah yang berbeda untuk dipecahkan dan skenario untuk dipikirkan dengan hati-hati. Memutuskan mainan apa yang akan dimainkan, peran apa yang akan diambil, siapa yang akan terlibat dan bagaimana cara bermainnya. Berpartisipasi dalam permainan imajinasi membutuhkan seorang anak untuk menggunakan keterampilan berfikir kognitif yang akan mereka gunakan dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.

 

Meningkatkan perkembangan fisik


Penting untuk diingat bahwa permainan imajinasi sering kali bersifat fisik dan merupakan cara yang luar biasa bagi anak untuk menjadi aktif dan mengembagkan keterampilan motorik mereka.


Dalam situasi pandemi saat ini, Early Learning Centre memberikan berbagai pilihan cara berbelanja yang nyaman untuk pelanggannya. Seluruh gerai Early Learning Centre di Indonesia masih tetap beroperasi dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Namun, bagi pelanggan yang masih memilih untuk tidak bepergian keluar rumah, Early Learning Centre juga menyediakan sistem belanja online melalui website di www.ELC.co.id atau layanan Chat to Shop melalui Whatsapp di nomor +622129181155.


Selain itu, pandemi bukan halangan bagi Early Learning Centre untuk berkembang. Pada semester awal tahun ini, Early Learning Centre telah menambah gerainya di AEON Mall BSD pada tanggal 11 Maret 2021 lalu. Selain itu, Early Learning Centre juga berencana untuk segera membuka gerai barunya di AEON Mall Sentul dan Pondok Indah Mall 3. (*)

 

 

(Jakarta) 

 

Belum ada Komentar untuk "Mainan Imajinasi Diyakini Penting untuk Perkembangan Anak"

Posting Komentar

Jerman Ingin Perkuat Kerjasama Lingkungan dan Kebersihan dengan Pemko Medan

LensaMedan - Sejumlah hal yang memungkinkan untuk dikerjasamakan antara Pemko Medan dan Pemerintah Jerman, terutama masalah lingkungan dan k...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel