IOM Serahkan Bantuan Alat Pendingin Vaksin ke Pemko Lhokseumawe

Lensamedan- Upaya Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe menjalankan program vaksinasi Covid-19  mendapat dukungan dari International Organization for Migration (IOM). Dukungan berupa   satu unit pendingin vaksin (TCW3000AC)  tersebut diterima oleh Dinas Kesehatan Pemko Lhokseumawe.

Program Koordinator IOM untuk Penanganan Tanggap Darurat Pengungsi, Sonya Syafitri mengatakan, bantuan ini mendapat dukungan pendanaan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Biro Kependudukan, Pengungsi dan Migrasi (Bureau of Population, Refugees, and Migration).  Sejauh ini, Pemko Lhokseumawe telah melakukan program vaksinasi untuk para pengungsi.

"Untuk memastikan keamanan dan efektivitas vaksin, diperlukan sistem rantai dingin (cold chain), atau serangkaian tautan untuk menyimpan vaksin pada kisaran suhu yang tepat. Peralatan rantai dingin sangat penting untuk menjaga kualitas vaksin dari proses pembuatan hingga saat injeksi," ucap Sonya Syafitri dalam keterangan tertulis, Minggu (18/4/2021).

Sonya mengatakan, sejak awal penanganan pengungsi Rohingya di Kota Lhokseuamwe, IOM telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan serta rumah sakit negeri dan swasata untuk memastikan bahwa pengungsi dan pencari suaka di Lhokseumawe sepenuhnya disertakan dalam tindakan tanggap Covid-19.

"Ini termasuk upaya penjangkauan masyarakat yang ekstensif dan berkelanjutan dengan pengungsi, peningkatan tindakan pencegahan di camp pengungsi," katanya.

Ditambahkannya, bersama otoritas kesehatan pemerintah kota Lhokseumawe, IOM juga telah memfasilitasi pelacakan kontak, manajemen kasus. Dan terakhir, langkah-langkah kesiapsiagaan lebih lanjut untuk isolasi dan karantina pengungsi di camp beberapa waktu yang lalu.

"Masih dalam semangat hari kesehatan dunia yang jatuh pada 7 April lalu, momen ini juga merupakan saat yang tepat untuk memuji kerja rekan kesehatan kita di Indonesia, yang telah membantu komunitas pengungsi selama pandemi ini," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dr. Said Alam Zulfikar mewakili Pemko Lhokseumawe mengucapkan terima kasih kepada IOM.

"Kami tentunya berterima kasih kepada IOM," demikian Zaid Alam. (*)


(Lhokseumawe) 

Belum ada Komentar untuk "IOM Serahkan Bantuan Alat Pendingin Vaksin ke Pemko Lhokseumawe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel