Terima 39 Laporan, Ombudsman Temukan Ada Tagihan Air Hingga Rp12 Juta

Lensamedan- Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara menerima sedikitnya 39 pelanggan yang melapor ke Ombudsman karena tagihannya membengkak. Laporan ini diterima selama Ombudsman membuka posko pengaduan konsumen PDAM Tirtanadi yang tagihan airnya melonjak drastis selama 5 hari mulai  12-17 Maret 2021.  

Data yang masuk cukup mengejutkan. Salah satunya pelanggan yang melapor tarifnya membengkak hingga Rp12 jutaan.

"Padahal di bulan-bulan sebelumnya itu tagihannya Rp200an ribu, ini membengkak jadi Rp 12 jutaan," kata Abyadi kepada wartawan, Rabu (17/3/21).

Ada juga pelapor yang tagihan airnya membengkak menjadi Rp9 jutaan dari bulan-bulan sebelumnya hanya Rp200 ribuan. Pelanggan lain ada juga yang tagihannya membengkak jadi Rp8 jutaan.

Abyadi menyebutkan, dalam prosesnya setiap pelapor turut menyertakan dokumen pendukung berupa identitas, serta bukti tagihan air sejak Januari hingga Maret.

"Data yang kami terima, gejolak itu di tagihan Maret. Itu diketahui dari bukti rekening pembayaran air Januari-Februari," jelas Abyadi yang didampingi Kepala Kepala Keasistenan  Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Sumut James Marihot Panggabean.

Menurutnya, apapun alasan PDAM Tirtanadi sangatlah tidak wajar bila ada perubahan kebijakan kemudian memberatkan masyarakat selaku konsumen.

"Rencananya, Senin (22/3/2021) mendatang kita undang Dirut PDAM Tirtanadi untuk menjelaskan persoalan ini," paparnya.

Sementara itu, salah seorang pelapor bernama Hasyim Yahya mengungkap fakta yang mengejutkan terkait rumah yang tagihan airnya melonjak drastis menjadi Rp 12 jutaan tersebut. "Udah tiga tahun rumah itu kosong, tidak berpenghuni. Airnya pun tidak jalan," kata Hasyim.

Karenanya, sangat tak masuk akal tagihan airnya membengkak menjadi Rp 12 jutaan. "Pagi sampai sore airnya itu gak ada mengalir,"katanya. (*).

 

 

(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Terima 39 Laporan, Ombudsman Temukan Ada Tagihan Air Hingga Rp12 Juta"

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel