Satgas Sumut Sebut Ada Varian Baru Covid-19, Tapi Bukan B117

Lensamedan- Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut menyebutkan, bahwasanya saat ini telah ada varian baru Covid-19 yang lebih berbahaya dari virus corona asal Wuhan (SARS-CoV-2) tetapi bukan varian virus corona asal Inggris (B117).

"Untuk itu masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi) serta menerima vaksinasi untuk mencegah penularannya," ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, di Medan, Kamis (18/3/2021).

Aris mengatakan, varian ini juga sifatnya lebih berbahaya baik pada efektivitasnya maupun resiko yang diakibatkan bila terpapar. Namun, Aris mengaku belum mau membeberkan apa nama jenis dan asal dari varian baru tersebut.

"Yang jelas variannya dari luar Wuhan dan Inggris," ujarnya. 

Disinggung apakah virus itu sudah masuk ke Sumut, Aris tidak menampiknya. Secara diplomatis Sekretaris Dinas Kesehatan ini menyatakan jika saat ini memang sudah banyak varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia.

"Yang pasti ada lah, kan banyak varian sekarang. Namun korban belum ada," tegasnya.

Selain itu Aris juga berpendapat jika varian Covid-19 yang dimaksud itu telah menyebar secara lokal (transmisi lokal). Karena saat ini tidak ada lagi orang yang datang atau masuk dari luar negeri. 

"Dapatnya dari mana kita nggak tahu. Ini lah yang lagi kita trcing. Tapi untuk vaksin, sejauh ini (terhadap varian itu) masih respon," pungkasnya. (*)

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Satgas Sumut Sebut Ada Varian Baru Covid-19, Tapi Bukan B117 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel