Mengaku Dipecat Sebagai Contact Tracer Secara Sepihak , Liana Purba Minta Penjelasan

Lensamedan- Liana Purba, Seorang Pekerja Harian Lepas (PHL) di Puskesmas Sentosa Baru yang bertugas sebagai contact tracer pasien Covid-19 meminta keadilan karena penghentian hubungan kerja sepihak yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Kepada wartawan, Liana menjelaskan, ia mulai bekerja sebagai contact tracer di bulan November 2020 atas rekrutan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Dan kami akan dipekerjakan hingga 31 Maret 2021, berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan BNPB,” ujar Liana saat ditemui di Warkop Jurnalis, Kamis (18/3/2021).

Liana menyebutkan, selama bertugas, ia tidak dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), hanya rompi yang baru dibagikan setelah pekerjaan berjalan beberapa bulan.

“Padahal dalam absen harian yang selalu diisi, ada pertanyaan tentang penggunaan APD. Dan kami selalu menjawab ya, padahal sebenarnya tidak,” kata Liana.

Dijelaskannya, sebagai contact tracer, mereka akan bekerja mendata setelah masuk informasi dari Dinas Kesehatan Kota Medan terkait pasien terkonfirmasi.

“Dari data itu kami bekerja, mencari tahu kebenaran informasi tempat tinggal pasien, kemudian siapa-siapa saja yang melakukan kontak sebelum dinyatakan positif. Jika isolasi mandiri, maka kami akan melakukan pemantauan selama 14 hari,” jelasnya.

Liana mengaku, selama bertugas, ia tidak pernah lalai menjalankan kewajibannya melakukan tracing. Karena itu ia kaget, ketika mendapat kabar jika ia sudah diputus kontrak per tanggal 7 Maret.

“Informasi ini aku dapat dari admin tracing covid-19 Kota Medan per hari ini,” tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan  Penyakit (P2P) Kota Medan Muthia Nimphar membantah adanya pemecatan.

“Siapa bilang pemutusan kerja?? Coba tanya dan liat dulu ya permasalahan nya,” kata Muthia tanpa  memberikan penjelasan lebih detail tentang apa yang terjadi.  

Berdasarkan data yang diberikan, setidaknya ada 200 contact tracer yang tersebar di Kota Medan. (*) 

 


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Mengaku Dipecat Sebagai Contact Tracer Secara Sepihak , Liana Purba Minta Penjelasan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel