Peringati Hari Kanker Sedunia, PFI Medan Gelar Donor Darah

Lensamedan- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si., mengapresiasi   Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan dan Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS yang menggelar kegiatan donor darah untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, Kamis (4/2/2021) di pinggiran Sungai Babura Kampung Sejahtera, Jalan Zainul Arifin, Petisah Tengah. Saat itu, Akhyar ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan yang juga didukung oleh XL Axiata, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan, Komunitas Blogger Medan, Vertical Rescue Indonesia (VRI) Sumut, Komunitas Berbagi Bersama Fakar, Majelis Ta’lim XL Axiata dan Ikatan Alumni SMEAN2/SMKN6 Medan itu.

“Ini sebuah kegiatan yang patut diapresiasi. Sebuah ide baik dan dieksekusi dengan baik pula. Pilihan tempat kegiatan ini juga sebuah langkah nyata untuk mengubah imej wilayah ini menjadi lebih baik lagi,” ucap Akhyar.

Akhyar berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini terus digalakkan, sehingga dapat menumbuhsuburkan keyakinan masyarakat bahwa wilayah Kampung Sejahtera ini dapat lebih baik lagi di masa mendatang.

“Masyarakat Kampung Sejahtera mempunyai peran penting untuk ikut mengubah imej wilayah ini. Kebersihan, ketertiban, dan keamanan akan membuat orang nyaman untuk datang ke Kampung Sejahtera,” ucap Akhyar seraya menambahkan, salah satu hal yang dapat dengan mudah dilakukan warga Kampung Sejahtera adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Akhyar juga mengharapkan kepada pengusaha-pengusaha memberikan dukungan kepada kegiatan-kegiatan sosial yang dapat mengubah imej Kampung Sejahtera ini menjadi lebih baik.

“Ayo para pengusaha ikut membenahi, menata daerah ini,” ajak Akhyar.

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, mengatakan, selain memperingati Hari Kanker Sedunia, bakti sosial ini juga rangkaian kegiatan pelantikan dan rapat kerja PFI Medan, 27-28 Februari 2021.

“Kami ingin memberikan kontribusi untuk anak-anak penderita kanker dan juga warga Kampung Sejahtera agar terus semangat untuk meraih cita-cita dan mimpi dimasa depan. Melalui kegiatan donor darah ini, kami ingin merangkul jurnalis, komunitas dan perusahaan untuk ikut serta bersama-sama menjadikan Kampung Sejahtera menjadi lebih baik lagi. Selama ini, PFI Medan banyak melakukan kegiatan pengembangan masyarakat, melalui diskusi fotografi dasar untuk anak-anak hingga praktek langsung dilapangan. Sehingga anak-anak tersebut memiliki motivasi untuk terus berkembang.”

Rahmad menambahkan kegiatan yang dilaksanakan bersama jurnalis, komunitas, perusahaan ini diharapkan memberi manfaat buat para pendonor agar lebih sehat dan juga bermanfaat bagi anak-anak penerima donor darah. XL Axiata melalui MTXL Axiata juga memberikan donasi buku-buku untuk anak-anak Kampung Sejahtera, agar terus giat belajar dan membaca dirumah, Komunitas Berbagi Bersama Fakar memberikan 100 karung beras, Ikatan Alumni SMEAN2/SMKN6 Medan konsumsi dan sertifikat buat para pendonor serta bersama komunitas lain, PFI Medan mengajak untuk membangun Kampung Sejahtera menjadi lebih baik lagi.

Dalam kegiatan ini, protokol kesehatan 3M tetap diperhatikan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Hasil donor darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker. Total darah yang terkumpul sebanyak 150 lebih kantong darah.

Di tempat sama, Ketua P3KS, Aminurasid mengatakan, Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan ini, terlebih lagi darah yang didonorkan ini akan disumbangkan untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain, terkhusus para penderita kanker.

“Semoga apa yang menjadi niat baik kita diridhoi Allah," ungkapnya. (*)

 

 

(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Peringati Hari Kanker Sedunia, PFI Medan Gelar Donor Darah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel